Ditlantas Polda Kepri Laksanakan Latihan PRA OPERASI Patuh Seligi 2022

Sebarkan:
Batam (Harianmediarakyat.com) - Menjelang peringatan Hari Bhayangkara Ke-76, Ditlantas Polda Kepri akan menggelar Operasi Patuh Seligi 2022 yang akan dilaksanakan selama 14 Hari dengan jumlah personil Polda Kepri yang terlibat sebanyak 70 personil yang akan di mulai dari tanggal 13 sampai dengan 26 Juni 2022 secara serentak di seluruh indonesia. Kamis (9/6/2022).

Kegiatan Lat Pra Ops Patuh Seligi 2022 dilaksanakan di Gedung Serba Guna Polda Kepri dengan tema “Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa” yang dipimpin langsung oleh Dirlantas Polda Kepri AKBP Tri Yulianto, S.I.K., M.Si. Hadir dalam kegiatan tersebut Wadir Lantas Polda Kepri, Kabag Bin Opsnal Ro Ops Polda Kepri, Para Instruktur Pemberi Materi, Pejabat Utama Dit Lantas Polda Kepri dan Peserta Latihan Pra Operasi Patuh Seligi 2022.

Dirlantas Polda Kepri AKBP Tri Yulianto, S.I.K., menyampaikan kepada seluruh personnel yang terlibat dalam Lat Pra Ops Patuh Seligi 2022 bahwa Provinsi Kepri berbatasan langsung dengan negara luar, hal ini dapat memicu penyebaran virus corona melalui WNA dan WNI yang keluar dan masuk indonesia dengan menggunakan Transportasi laut dan udara. Hal ini apabila tidak dilakukan langkah-langkah strategis guna meningkatkan kepatuhan hukum di masyarakat dalam berlalu lintas dan menerapkan protokol kesehatan, maka akan meningkatkan pelanggaran lalu lintas, menambah jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan penyebaran covid 19.

Operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi Operasi “ Patuh Seligi 2022” ini merupakan operasi yang bersifat edukatif dan persuasif serta humanis di dukung penegakan hukum secara elektronik / teguran dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap polantas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dir lantas Polda Kepri menekankan kepada seluruh jajaran selama pelaksanaan operasi Sbb : 
1. Melaksanakan deteksi Dini, penyelidikan, pengamanan dan pelanggaran serta pemetaan lokasi atau tempat yang rawan terhadap kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan serta lokasi penyebaran covid 19.
2. Melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang Kamseltibcarlantas dan bahaya penyebaran covid 19 melalui kegiatan sosialisasi dan pembinaan penyuluhan melalui media cetak atau eletronik, media sosial, pemasangan sepanduk, banner, baliho.
3. Mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif serta di dukung dengan pola penegakan hukum berlalu lintas secara eletronik dengan mengunakan etle statis dan mobile.
4. Melaksanakan publikasi tertib berlalu lintas.
5. Melaksanakan tindakan terhadap 7 pelanggaran prioritas yaitu pengemudi berkenadaraan yang mengunakan HP, di bawah umur, berboncengan lebih dari 1 orang, tidak mengunakan helm SNI, mengemudikan kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol, melawan arus, pengemudi yang tidak mengunakan safety belt serta mengemudi kendaraan secara ugal-ugalan.
6. Selalu panjatkan doa kepada yang maha esa sebelum melaksanakan tugas.
7. Selalu utamakan faktor keamanan dan kepatuhan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada.
8. Hindari tindakan yang tidak sesuai dengan ketentuan.
9. Laksanakan tugas Operasi Patuh Seligi 2022 dengan baik.

Adapun tujuan Operasi Patuh Seligi 2022 ini untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta sasaran Operasi Patuh Seligi 2022 meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan dan pelanggaran lalu lintas baik sebelum maupun pasca Operasi Patuh Seligi 2022. Tutup Dirlantas Polda Kepri AKBP Tri Yulianto, S.I.K
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini