Tingkatkan Kecakapan Pengelola Informasi Publik Pemerintah, Dinas Kominfo Sumut Gelar Workshop Menulis

Sebarkan:

HMR - Informasi mengenai pembangunan hendaklah disajikan dengan baik. Sehingga masyarakat bisa mengetahui sudah sejauh mana program pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Keberhasilan pembangunan bergantung pada informasi yang disampaikan oleh pengelola informasi publik di setiap instansi. 

Untuk itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Utara (Sumut) mengadakan pelatihan kepada pengelola informasi publik di lingkungan organisasi perangkat daerah (OPD) provinsi maupun kabupaten/kota. Adapun beberapa workshop yang diadakan antara lain penulisan rilis berita, fotografi dan videografi. 

"Adanya peningkatan keterampilan merupakan tuntutan di era digitalisasi saat ini, maka informasi pembangunan daerah di Provinsi Sumut harus disajikan dengan baik, " ujar Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik Harvina Zuhra mewakili Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut Abdul Aziz, pada saat pembukaan workshop pembuatan rilis pers di Ruang Rapat Lantai II, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 31, Medan, Jumat (12/11). 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut berharap para pengelola informasi dan komunikasi publik dapat berperan aktif dalam memberikan kontribusi berita yang ada di wilayahnya masing-masing. "Sehingga setiap kegiatan OPD apapun bisa secepatnya diketahui dan direspons oleh masyarakat, khususnya kegiatan yang bersifat pelayanan publik, " katanya. 

Pada kesempatan tersebut, puluhan peserta mengikuti workshop secara hybrid atau daring (dalam jaringan) maupun luring (luar jaringan). Kepada para peserta, diharapkan dapat menjadi pengelola informasi publik yang kreatif, inovatif, dan profesional. "Serta memiliki kemampuan untuk menciptakan citra positif dan pelayanan publik, sehingga masyarakat dapat menerima informasi secara utuh, benar dan tepat, " sebutnya.

Pemateri workshop, wartawan senior sekaligus pengajar jurnalistik Nurhalim Tanjung yang mengisi materi tentang pembuatan rilis pers mengatakan, rilis harus dibuat dengan menarik. Sehingga banyak media yang akan mengambilnya. Dengan begitu, informasi yang disampaikan oleh pengelola informasi publik akan tersebar luas. 

Selain itu, workshop juga diisi oleh Bersihar Lubis, wartawan senior. Bersihar mengisi materi bagaimana membuat tulisan menjadi menarik. Dikatakannya, agar menarik, para penulis harus sekreatif mungkin dalam mengolah informasi yang didapat. 

Salah satu cara kreatif menulis berita, menurut Bersihar, adalah menggambarkan kondisi peristiwa terjadi. Itu akan membuat pembaca hadir dan menyaksikan peristiwa tersebut. "Jika anda melakukan itu, percayalah berita anda akan dibaca orang sampai tuntas, " kata Bersihar yang juga Mantan Wartawan Tempo itu.
Workshop Pembuatan Rilis Pers tersebut diikuti perwakilan dari Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Sumut, organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Sumut, BUMD dan berbagai instansi lainnya, baik secara langsung maupun secara daring melalui aplikasi zoom meeting.( Emmar )


FOTO

Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Utara (Sumut) menggelar Workshop Penulisan Pers Rilis bagi para pengelola informasi dan komunikasi publik kabupaten/kota dan OPD Pemerintah Provinsi Sumut di ruang rapat lantai 2 Kantor Gubernur Sumut Jalan P Diponegoro Nomor 30 Medan, Jumat (12/11).
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini