Program TMMD Merajut Asa Warga 3 Desa Di Kecamatan Sungai Laur

Sebarkan:
HMR- Tidak terasa begitu cepat waktu berlalu purna tugas satgas TMMD Reg ke-112 Kodim 1203/Kerapang. Sudah 30 hari satgas TMMD berada di tiga desa Riam Bunut, Bengaras dan Harapan Baru kecamatan Sungai Laur, kabupaten Ketapang, provinsi Kalimantan Barat.

Kala waktu itu sejak dibuka program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pada hari Rabu, tanggal 15, September, 2021 di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1203/Ketapang Jalan Letjend S. Parman kelurahan Sukaharja, Kecamatan Delta Pawan, kabupaten Ketapang provinsi Kalimantan Barat.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-112 TA. 2021 dengan mengusung tema " TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri ". 
Sinergitas TNI bersama Pemerintah kemudian acara pembukaan yang dibuka langsung oleh orang nomor dua di kabupaten Ketapang, H. Farhan SE., Msi,selaku Wakil Bupati Ketapang.

Seperti yang disampaikan oleh orang nomor dua di Pemkab Ketapang tersebut bahwa, kegiatan TMMD Reguler ke-112 dari Tanggal 15 September sampai dengan 14 Oktober 2021, mengarah pada pembangunan infrastruktur, sarana prasarana fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar di tiga desa di kecamatan Sungai Laur.

Dirinya berharap satgas TMMD tetap harus semangat. Saat ini masih masa pandemi covid-19 semua tetap mendisiplinkan diri terhadap penerapan prokol kesehatan.

"Dalam satu bulan, TNI bersinergi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan sarana dan prasarana masyarakat desa serta berbagai macam penyuluhan," pungkasnya waktu itu.

Dansatgas TMMD Reguler ke-112  yang juga  Dandim 1203/Ketapang, Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta SH.M.SC.,menjelaskan, seperti kegiatan sebelumnya, TMMD kali ini juga menyasar dua kegiatan. "Ada 6 sasaran fisik dan Sasaran non fisik berupa berbagai kegiatan penyuluhan".

Sasaran pembangunan Fisik :
1.Rehab RLTH  1 Unit  ukuran 6 x 6 M di dusun Entinap desa Bengaras.

2.Pembangunan jalan Rabat Beton sebanyak 4 titik sepanjang  1  KM di desa Riam Bunut.

3.Pembangunan gorong-gorong  2 Buah di desa Riam Bunut.

4.Pembangunan Pos Kamling  1 Unit  ukuran 3 x 4 M di desa Riam Bunut.

5.Pemasangan instalasi lampu penerangan jalan 10 Unit , terdiri : 5 Unit  di dusun Mungguk Meranang, desa Harapan Baru dan 5 Unit  di desa Riam Bunut.

6.Perehaban TPA An Nur   1 Unit ukuran 20 x 4 M desa Riam Bunut.

Sasaran Non Fisik  :
1.Penyuluhan Paham Radikalisme
2.Sosialisasi Rekrutmen Prajurit TNI
3.Sosialisasi Bahaya Kebakaran Hutan
4.Penyuluhan Pencegahan Covid 19 
5.Penyuluhan Kesehatan Tentang Stunting.

Dansatgas TMMD Reg ke-112 Kodim 1203/Ketapang mengatakan, seluruh kegiatan dilaksanakan oleh satgas tuntas 100 persen.

Harapannya semua fasilitas dapat digunakan untuk masyarakat demi meningkatkan perekonomian di daerah kabupaten Ketapang.

Ketika saatnya tiba, maka pada hari Kamis tanggal 14, Oktober, 2021 yang lalu, secara resmi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-112 TA. 2021 yang di gelar Kodim 1203/Ketapang telah ditutup.

Secara resmi penutupan oleh, Danrem 121/Alambhana Wanawai Brigjen TNI Dr. Ronny, S.A.P,. M. M langsung datang ke kota kabupaten Ketapang pada waktu yang lalu.

Acara penutupan tersebut yang dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Ketapang M. Febriadi, S.Sos.,M.Si,. Danlanal Ketapang, Letkol Laut (P) Abdul Rajab B.A M.Tr.Hanla., Serta Beberapa Kepala Dinas Dan Tamu Undangan Terkait Lainya.

Penutupan TMMD Reguler Ke-112 TA. 2021 tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima pekerjaan TMMD oleh Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta. SH.M.Sc. selaku Dansatgas TMMD Kepada Pemda Ketapang dalam hal ini Assisten II Kab. Ketapang Drs. H. Marwan Noor.

*Danrem 121/Abw, TMMD Membangun Indonesia Dari Pinggiran*

Danrem 121/Abw mengatakan,”Sejalan dengan tema TMMD Reguler Ke-112, TA. 2021 " TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri " Tema ini sangat selaras dengan Nawacita Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, yang salah satunya adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI.

“Kita ketahui bersama bahwa tujuan utama program TMMD adalah membantu pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang yang tangguh, dengan sasaran melaksanakan pembangunan fisik dan non fisik, “ungkap Brigjen TNI Dr. Ronny, S.A.P,. M. M dalam amanatnya saat menutup secara resmi TMMD di kabupaten Ketapang tersebut.

Bisa dikatakan TMMD merupakan momentum yang sangat baik untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong yang sudah mulai pudar di dalam masyarakat kita, karena tergerus dengan budaya hedonisme dan individualisme

Maka TMMD juga memperkuat Kemanunggalan TNI-Rakyat yang merupakan wujud dari salah satu jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, TNI meyakini bahwa, kebersamaannya dengan rakyat adalah inti kekuatan TNI. 

Danrem 121/Abw juga meminta masyarakat untuk mewaspadai penyebaran wabah Covid-19. Namun berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa pelaksanaan TMMD dapat berjalan sesuai rencana.

Selaku Penanggung jawab Operasional TMMD, Danrem 121/Abw mengucapkan terimakasih kepada Pemda, masyarakat dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan TMMD ke-112 TA. 2021 sehingga dapat berjalan dengan sukses, aman dan lancar.

"Selanjutnya saya juga memohon maaf apabila dalam pelaksanaan TMMD ke-112 ini terdapat tutur kata maupun tingkah laku para prajurit yang tidak berkenan dihati masyarakat dan seluruh pihak yang terlibat di dalam kegiatan ini,”pungkas Sang Jenderal Bintang Satu tersebut.

*Berbagai Capaian Kinerja TMMD*

Berbagai macam pelaksanaan program TMMD Reg Ke-112 Kodim 1203/Ktp, memberikan kenangan tersendiri bagi warga desa Riam Bunut, desa Bengaras, desa Harapan Baru di kecamatan Sungai Laur, kabupaten Ketapang.

Pada akhirnya, berkat semangat gotong- royong serta kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui program TMMD di tiga desa di kecamatan Sungai Laur, kabupaten Ketapang mendapatkan hasil karya yang dapat dinikmati oleh masyarakat pedesaan sasaran program TMMD.

*Kebahagiaan Ibu Setelon (76)*

Tetesan keringat anggota satgas bersama warga, karena terik matahari menyengat di dusun Entinap, desa Bengaras menorehkan kebahagiaan tersendiri. Bagaimana tidak, Ibu Setelon yang berusia 76 tahun itu kini tersenyum bahagia.

"Bahagia ketika melihat orang lain bahagia" itulah salah satu tekad para anggota satgas TMMD, yang berkarya untuk masyarakat di desa Bengaras.

Masih teringat kala itu rumah seorang ibu yang mempunyai keterbatasan, yaitu tuna rungu di ujung usianya yang senja kini dapat berbahagia.

Melalui program TMMD dengan sasaran rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) atau Rutilahu tersebut, rumah Ibu Setelon kini berubah jadi layak untuk didiami olehnya.

Warga RT 05 RW 03, dusun Entinap, desa Bengaras banyak yang merasa Iba melihat kondisi rumah ibu Setelon waktu itu sebelum direhab oleh satgas TMMD bersama warga.

"Tidak berlebihan jika kami sangat bersyukur ada program TMMD ke-112 dengan salah satu sasaran merehab rumah tidak layak huni (RTLH) di desa kami," ujar salah seorang warga desa Bengaras.

Dulu rumah tinggalnya yang beratapkan seng dalam kondisi bocor, berkarat. Memang Ibu Setelon tidak bisa menceritakan, namun melalui putranya yang bernama Alfiansyah mengatakan bahwa, dirinya terkejut ketika rumah Ibunya di rehab.

"Saya tidak menyangka jika rumah tinggal Ibu saya direhab oleh warga bersama bapak-bapak TNI," kata Alfiansyah.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI melalui kegiatan TMMD yang sudah memberikan bantuan kepada Ibunya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI," ujar Alfiansyah dengan terbata-bata dihadapan anggota Satgas TMMD.

*Program TMMD Juga Bangun Pos Kamling*

Supardi (Pak Pardi) demikian nama panggilannya kepala desa Riam Bunut, sangat bersyukur kini di desanya telah dibangun pos kamling, sebagai sarana ronda dan jaga lingkungan.

"Berkat dukungan semua pihak melalui TMMD pos kamling di desa Riam Bunut begitu elok dipandang mata," ungkap kepala desa Riam Bunut.

Babinsa Desa Riam Bunut Serka Hamdan, memberikan penjelasan, pos kamling dibangun di lokasi strategis, tepat berada di pertigaan simpang jalan.

Kini warga desa binaannya bisa lebih meningkatkan ketertiban dan keamanan desa, selain itu mempermudah koordinasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

*Warga Desa Riam Bunut Sangat Bersyukur*

Kini saatnya warga desa Riam Bunut bernafas lega, tak terhingga kebahagiaan ketika jalan yang dulu berdebu saat panas dan berlumpur saat hujan, berkat polesan tangan para satgas TMMD kini jalan itu menjadi mulus.

Pembangunan jalan rabat beton sebanyak 4 titik sepanjang  1  KM di desa Riam Bunut. Kini 100 persen tuntas tepat pada waktunya.

Sekitar Rabu tanggal 13, Oktober, 2021 lalu pekerjaan jalan rabat beton sepanjang 1000 meter, di desa Riam Bunut, terpantau kondisinya sudah  mencapai 100 persen.

Pasiter Kodim 1203/Ktp Kapten Inf Yulianto, juga mengungkapkan perasaan bahagia berkat semangat gotong-royong personel satgas TMMD bersama warga dalam setiap aktifitas di lokasi seluruh sasaran dapat menjadikan kunci penentu keberhasilan program TMMD kali ini.

"Jalan rabat beton juga 2  unit gorong-gorong tuntas 100 persen inilah kebahagiaan kami," ujar Kapten Inf Yulianto saat itu.

*Jalan Desa Harapan Baru dan Desa Riam Bunut Kini Menjadi Terang*

"Habis gelap terbitlah terang" demikian sebuah ungkapan yang sangat tepat bagi warga di dua desa Harapan Baru dan desa Riam Bunut.

Pasalnya jalan yang dulu gelap ketika malam datang saat ini terang benderang oleh penerangan jalan umum (PJU) dari panel Surya.

Kepala Desa Harapan Baru, Sondang Kantana mengaku sangat bersyukur adanya perhatian Pemda dan Satgas TMMD di desanya.

"Sebabnya jika sebelum ini terdapat sejumlah jalan yang gelap di malam hari, kini situasinya berbeda menjadi terang benderang,”kata pemuka masyarakat itu.

Pihaknya sangat senang Penerangan Jalan Umum (PJU) ini yang memang sangat penting bagi masyarakat saat perjalanan pada gelap malam.

"Tambah lagi pemasangan pada tempat yang strategis, terdapat  rumah-rumah penduduk yang cukup padat, terimakasih satgas TMMD Reguler ke-112, Kodim 1203/Ktp,”ucap Pak Kades. 

*Revitalisasi TPA An-Nur Tingkatkan Karakter Anak Bangsa*

TPA An-Nur merupakan salah satu tempat untuk mendidik anak-anak pada usia dini dalam membentuk karakter anak sejak dini. Melalui pendidikan agama ini nantinya akan menjadi anak yang berakhlak mulia.

Pendidikan dan pembinaan karakter bangsa memiliki andil yang besar untuk memajukan peradaban bangsa agar menjadi bangsa yang semakin terdepan dengan Sumber Daya Manusia yang berilmu, berwawasan dan berkarakter. 

Karakter merupakan hal sangat esensial dalam berbangsa dan bernegara, hilangnya karakter akan menyebabkan hilangnya generasi penerus bangsa. Dan karakter harus dibangun dan dibentuk untuk menjadi bangsa yang bermartabat mulai sejak dini.

Untuk menciptakan karakter bangsa yang baik perlu upaya disegala bidang, tidak hanya membangun manusia seutuhnya tetapi juga membangun sarana dan prasarana salah satunya adalah membangun TPA.

Ustadz Sholihin selaku pengajar TPA An-Nur akhirnya dapat bernafas lega. Pasalnya sarana pendidikan untuk anak-anak telah selesai dikerjakan.

"Bagaimana cara saya harus mengucapkan rasa terima kasih karena sebelum kegiatan TMMD di desa Riam Bunut, TPA An-nur ini tidak seperti sekarang, kondisinya cukup memprihatinkan, Alhamdulillah sekarang sudah baik dan bagus," ujar ustadz Sholihin dengan penuh bangga.

*Selamat Jalan Satgas TMMD Baktimu Terukir di Relung Hati Kami*

Pada hari itu 14, Oktober, 2021, semenjak para satgas TMMD meninggalkan desa mereka, warga di tiga desa tersebut merasa ada yang hilang.

Sedih bercampur rasa haru, betapa tidak, walaupun hanya sebulan namun kebersamaan warga dan satgas dalam berbagai hal begitu menyatu tanpa ada jarak, ini bukti bahwa Bakti TNI memang untuk rakyat.

Camat Sungai Laur, Remanus Romawi, SE, M.AP mengaku sangat bangga dengan kegigihan pengabdian TNI, begitu dekat dengan warga di desa sasaran kegiatan TMMD.

"Untuk itu, kami sangat berharap Program TMMD ini bisa dilaksanakan kembali di kecamatan Sei Laur, karena TMMD memberi dampak positif pembangunan di wilayahnya,”tutur Camat Sei laur. 

“Kehadiran Satgas TMMD Ke-112, Kodim 1203/Ktp tidak hanya membangun fasilitas umum dan menggelar kegiatan non fisik saja. Namun lebih dari itu, Satgas TMMD membangun kembali semangat gotong royong masyarakat kami,” tambahnya.

Warga desa Riam Bunut, desa Bengaras, desa Harapan Baru, tak pelak mengucapkan terima-kasih yang tak terhingga kepada jajaran TNI, "Baktimu untuk negeri akan selalu terkenang sepanjang masa".

(Penerangan Korem 121/Alambhana Wanawai)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini