Poltekkes Kemenkes Medan Latih Kader Cara Mencegah Kenaikan Berat Badan Dimasa Menopause

Sebarkan:

HMR  - Poltekkes Kemenkes Negeri Medan Jurusan Keperawatan laksanakan kegiatan pengabdian pada Masyarakat. Adapun topik dalam kegiatan tersebut membahas upaya pencegahan peningkatan berat badan pada masa menopause di Kantor Desa Cinta Damai Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang pada hari Rabu 22 September 2021 sekira pukul 09.00 Wib.

Dalam kesempatan itu, Dr Dame Evalina Simangonsong SKM M Kes sebagai narasumber menjelaskan kualitas hidup wanita menopause sangat perlu ditingkatkan. Untuk itu sangat perlu mensosialisasikan informasi prihal mencegah peningkatan berat badan.

Kepada kaum hawa, Dr Dame menyampaikan bagaimana cara mengatasi keluhan yang dialami pada masa sebelum dan sesudah menopause. Serta menjelaskan upaya pengendalian peningkatan berat badan. 

Hal itu disampaikan dikarenakan peningkatan berat badan pada wanita perlu dikendalikan, mengingat wanita yang memasuki masa menopause dan telah menopause cenderung mengalami peningkatan berat badan. Untuk itu, kaum Wanita yang memiliki kelebihan berat badan akan rentan menerima risiko penyakit degeneratif yang dapat menyebabkan keadaan fatal bagi seorang wanita. 

"Agar dapat mencegah resiko, hal yang perlu dilakukan ialah menjaga gaya hidup sehat dengan cara makanan makanan yang seimbang, olahraga, istirahat yang cukup, menjaga lingkungan yang sehat dan menjadi pribadi yang kuat walau menopause." Tutup Dr Dame mengakhiri paparan materinya, Rabu (22/9/21) di Aula Kantor Desa Cinta Damai. 

Sebelum acara ditutup, Kepala Desa Cinta Damai J Josevina Tambunan mengucapkan terima kasih atas kehadiran tamu dari Dosen, Mahasiswa Politeknik Kesehatan Negeri Medan dan juga para Narasumber yang sudah memberikan materinya. 
 
"Semoga materi yang sudah dijelelaskan khususnya kepada Ibu - ibu sekalian dapat bermanfaat. Kedepannya Ibu - ibu dapat lebih menjaga kesehatan dalam fase menopause. Seperti mengatur pola makanan serta aktifitas fisik yang dapat dilakukan setiap hari agar dapat mencegah terjadinya osteoporosis." Tutup Kepala Desa Cinta Damai, J Josevina Tambunan sembari mempersilakan protokol melanjutkan kegiatan lainnya.

Ditempat yang sama, Tokoh Masyarakat Jarisman kepada HMR mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Mahasiswa dan Mahasiswi Poltekkes Universitas Medan bersama Kepala Desa Cinta Damai. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada kehadiran para tamu hadirin. Dan juga kepada Kepala desa yang sudah berpartisipasi dalam berjalannya acara pelatihan kader guna mencegah dan peningkatan berat badan pada masa menopause," kata Jarisman. 

Dari amatan HMR, Pelatihan Kader dihadiri oleh Kepala Desa Cinta Damai J Josevina, Narasumber Dr Dame Evalina Simangunsong SKM,l M.Kes, Marlisa S.Kep Ns M.Kep, Abdul Kholik, Bhetania Cindy Simanjuntak, Chotibul Umam 
Gilang Praditya, Perangkat Desa dan Tokoh Masyarakat Desa Cinta Damai yang diwakili Jarisman Sitanggang. (HS/HMR) 
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini