Pangdam XII/Tpr Resmikan Laboratorium PCR dan Ruang Hemodialisa Rumkit TK. II Kartika Husada

Sebarkan:


Kubu Raya |HMRC 

Untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan serta membantu dan mempercepat dalam mendeteksi sejak dini penderita Covid-19 di wilayah Kalimantan Barat, Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad hari ini meresmikan Laboratorium PCR dan Ruang Hemodialisa di Rumah Sakit TK. II Kartika Husada, Kesdam XII/Tpr.


Peresmian ditandai dengan pemotongan pita Ruang Laboratorium PCR oleh Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dan pemotongan pita di Ruang Hemodialisa oleh Kadinkes Kalbar dr. Harisson, M.Kes.


Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam acara menyampaikan, saat ini keberadaan Rumah Sakit sangat dibutuhkan oleh masyarakat termasuk Rumah Sakit TK. II Kartika Husada, pasien yang dilayani rumah sakit ini cukup banyak, bukan hanya Prajurit, PNS dan keluarganya saja, tetapi juga masyarakat umum sehingga volume tugas yang harus diemban oleh Rumah Sakit TK. II Kartika Husada semakin besar.


Disampaikan Pangdam juga, terlebih kondisi sekarang ini dengan mewabahnya Covid-19 menjadi suatu ancaman yang dapat melemahkan potensi sumber daya manusia Indonesia, khususnya masyarakat Pontianak dan sekitarnya, sehingga diperlukan adanya metode pemeriksaan medis untuk mengetahui adanya Covid-19 dalam tubuh seseorang yaitu pemeriksaan Swab Test PCR.


Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan, Swab Test dan PCR tak terpisahkan dalam metode tes untuk menegaskan dianogsa Covid-19. Swab Test merupakan suatu cara untuk memperoleh sampel yang dilakukan pada nasofaring atau orofaring. Sedangkan PCR (Polymerase Chain Reaction) merupakan metode pemeriksaan Virus SARS CoV-2 dengan mendeteksi DNA Virus, yang hasil uji akan mengetahui seseorang positif atau negatif SARS CoV-2. 


"Dengan diresmikannya Laboratorium PCR untuk Covid-19 tentunya akan membantu dan mempercepat dalam mendeteksi sejak dini penderita Covid-19, sehingga pengobatan terhadap pasien akan lebih terarah dan terukur," kata Jenderal Bintang Dua ini.


Selain peresmian Laboratorium PCR, kata Pangdam, juga diresmikan Ruang Hemodialisa yang nantinya akan sangat membantu bagi penderita gagal ginjal dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya. Sarana dan prasarana pendukung Hemodialisa sangat dibutuhkan dihadapkan dengan semakin meningkatnya jumlah penderita gagal ginjal di Indonesia.


"Setelah diresmikannya Laboratorium PCR dan Ruang Hemodialisa ini, diharapkan Rumah Sakit TK. II Kartika Husada dapat meningkatkan kualitas pelayanan terbaik kepada para pasien Prajurit TNI dan PNS beserta keluarganya maupun kepada masyarakat," harap Pangdam.


Hal tersebut, kata Pangdam juga  sangat sesuai dengan Visi Rumah Sakit TK. II Kartika Husada yaitu “Menjadi Rumah Sakit Pilihan Pertama dan Kebanggaan Bagi Prajurit TNI, PNS Kemhan dan Keluarganya serta Masyarakat Umum di Wilayah Kalimantan Barat”. 


"Saya berharap kepada seluruh jajaran Rumah Sakit TK. II Kartika Husada, agar fasilitas yang hari ini akan diresmikan dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin, pelihara dan rawatlah sarana prasarana yang tersedia dengan baik agar masa pakainya lebih lama, serta tetap dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pasien," tutup Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. 


Sedangkan Kadinkes Prov. Kalbar dr. Harisson, M.Kes mengucapkan terima kasih kepada TNI khusunya Kodam XII/Tpr telah menyelenggarakan ruang PCR, dengan adanya ruang PCR ini sangat membantu Dinas Kesehatan Prov. Kalbar.  


Hadir dalam acara peresmian, Kapoksahli Kodam XII/Tpr Brigjen TNI Widhioseno, Kadinkes Kalbar dr. Harisson, M.Kes., Karumkit Tk. II Kartika Husada Kolonel Ckm dr. Noerjanto Rahardjo, Sp.PD, FINASIM, PJU Kodam XII/Tpr, Kabid Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kubu Raya Darmawansyah. (Pendam XII/Tpr)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini