Kodam XII/Tpr Gelar Apel Satgas Huma Secara Serentak

Sebarkan:

Kubu Raya, 

HarianMediaRakyat.com - Dalam rangka mencegah dan mengantisipasi Karhutla di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah serta sebagai upaya mendukung percepatan desa mandiri, Kodam XII/Tanjungpura menggelar Apel gelar Satuan Tugas Huma (Satgas Huma) Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa. Apel gelar dilaksanakan di lapangan apel Makodam XII/Tpr, Rabu (15/7/20).

Apel dipimpin oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, H. Sutarmidji didampingi Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dan Kapolda Kalbar, Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto. Yang dihadiri oleh Forkopimda Kalbar serta diikuti para relawan.

Dalam apel gelar Satgas Huma Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa Gubernur Kalbar didampingi oleh Pangdam XII/Tpr dan Kapolda Kalbar menyematkan rompi Satgas Huma serta memberikan paket sembako kepada perwakilan relawan.

Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji saat memimpin apel sangat mengapresiasi kepada Kodam XII/Tpr dan Polda Kalbar serta semua pihak yang telah memberikan dukungan langsung dilapangan terhadap program desa mandiri di Provinsi Kalimantan Barat.

"Adanya Satgas Huma Desa Mandiri adalah salah satu bentuk dukungan yang besar bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam mewujudkan desa yang mandiri dan sejahtera," ucapnya.

H. Sutarmidji mengatakan, program yang diluncurkan oleh Kodam XII/Tpr yaitu Satgas Huma Desa Mandiri Menuju Langit Biru adalah sangat selaras sekali dengan program desa mandiri Pemprov. Kalbar. Ditambahkannya program desa mandiri dengan langit biru adalah sangat selaras antara pembangunan
desa dibidang sosial, ekonomi dan lingkungan.

"Karena desa merupakan garda terdepan dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran
lahan dan hutan. Upaya pemberdayaan
masyarakat desa terutama pada daerah rawan kebakaran lahan dan hutan sangat diperlukan," katanya.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menjelaskan, pembentukan Satgas Huma oleh Kodam XII/Tpr ini adalah dalam rangka mendukung kesiapan desa mandiri.

"Kita sudah bentuk kekuatan ini sampai ke desa-desa dengan total 7.383 orang, di Kalbar sebanyak 6.481 orang dan di Kalteng sebanyak 902 orang," jelasnya.

Lanjutnya menjelaskan, Satgas Huma ini adalah murni dari relawan - relawan di desa. Yang tugasnya adalah membantu masyarakat desa dalam membuka ladang atau huma.

"Huma ini adalah salah satu bahasa yang sudah familiar di kita. Sehingga diharapkan melalui satgas ini, masyarakat apabila membuka ladang bisa memberdayakan Satgas Huma ini," terangnya.

Dengan memberdayakan Satgas Huma   nantinya diharapkan apabila masyarakat membakar lahan agar jangan sampai tidak terkendali. Hal ini yang menjadikan satgas ini sangat penting.

Satgas Huma yang dibentuk Kodam XII/Tpr ini sudah dilatih, mereka sudah dibekali cara membuka lahan tanpa membakar. Tentunya membuka lahan tanpa membakar ini suatu pola budaya baru sehingga ini perlu tenggang waktu agar supaya menjadi budaya di masyarakat.

Kepada masyarakat yang tetap membuka lahan dengan membakar makanya tetap dilakukan pendampingan. Tapi bagi masyarakat yang sudah mau merubah pola menanam atau membuka lahan tanpa membakar maka Satgas ini juga tetap bertugas membantu masyarakat di desa tersebut.

Satgas ini nanti akan menjadi Mitra dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas di wilayah. Selama ini bila terjadi Karhutla yang terdepan adalah Babinsa dan Bhabinkamtibmas dibantu Manggala Agni, Tagana, BPBD, Basarnas. Satgas ini juga bertugas memback up mereka.

"Dari awal mereka bisa sudah mengetahui informasi adanya rencana masyarakat mau membakar sehingga itu bisa membantu keberadaan Babinsa dan Babinkamtibmas di desa tersebut," katanya.

Pangdam XII/Tpr menyampaikan, Satgas Huma ini tidak hanya fokus dengan Karhutla saja. Akan tetapi dapat juga digunakan untuk kegiatan yang lainnya seperti dalam penanganan bencana ataupun yang lain.

"Tentunya nanti bisa saja dimanfaatkan untuk kepentingan yang lain misalnya ketika terjadi bencana alam. Ini satu potensi kekuatan yang bisa dikerahkan kesana," ujar Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Sedangkan Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., menyampaikan, apel gelar Satgas Huma ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Kodim jajaran Kodam XII/Tpr.

"Hari ini apel juga dilaksanakan oleh Kodim-kodim jajaran, baik yang ada di Kalbar maupun di Kalteng," pungkas Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, Sos. (Pendam XII/Tpr)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini