Larispa Indonesia Dirikan Koperasi Syariah

Sebarkan:
Harianmediarakyat.com- Dalam mengatasi dampak covid-19, maka Lembaga Riset Publik (Larispa) Indonesia mendirikan koperasi syariah. Dimana koperasi ini disebut Koperasi Jasa Larispa Indonesia Mandiri.

Ketua Larispa, Rizal Hasibuan mengatakan koperasi syariah ini sudah di gagas dari 4 bulan yang lalu dan cikal bakalnya adalah serikat tolong menolong di karyawan  perkantoran larispa yang sudah berdiri selama 17 tahun.

"Dengan adanya dampak pandemi Covin19 sosial Ekonomi masyarakat kehadiran koperasi syaraiah di harapakan dapat mengatasi dampak covid kepada karyawan dan keluarganya serta masyarakat dimana kantor larispa ini berada, kemudian koperasi syariah ini jasa utamanya adalah jasa konsultasi riset dan managemen, kemudian unit usahanya terdiri dari Larispa Tour and Travel serta Web Deplover unitnya yang terkecil itu bersifat simpan meminjam  kemudian koperasi primer," di jelaskan beliau pada saat rapat anggota di Hotel Grand Inna , Selasa (23/6/2020).

Alasan koperasi ini terbentuk dikarenakan ingin memisahkan aset lembaga riset laripa Indonesia dan agar pengelolaan lebih profesional dimana larispa sampai saat ini sudah memiliki 8 perwakilan di seluruh Indonesia agar bisa lebih fokus, kemudian ada pengelolaan yang sifatnya lebih profesional dan ber dampak bagi masyarakat luas.

"Harapannya koperasi syariah ini bisa bermanfaat bagi keluarga besar larispa Indonesia serta keluarga dan kepada masyarakat, kita harapkan nanti disetiap perwakilan larispa Indonesia yang ada di 8 kabupaten di Indonesia ini akan bisa membantu masyarakat dalam bentuk pemberian pinjaman yang berbasis syriah," ujarnya.

Dikatakannya, pada saat pandemi ini sangat berpengaruh sekali pada sosial ekonomi masyarakat dan perkembangan klien larispa, karena pertama banyak client yang berupa sekolah dan perguruan tinggi yang tidak melakukan pembelajaran khusus swasta  yang pendapatannya berkurang dimana biaya Oprasional tetap dan membuat banyak Sekolah dan perguruan tinggi Mati suri.

"Kemudian terdampak juga kepada karyawan larispa pada masa sebelum new normal ini melakukan pekerjaan  melalui work from home hanya di beberapa daerah saja yang berzona hijau yang mereka itu dapat bekerja secara langsung.," ujarnya.

Dampak inipun sangat terasa sekali dimana karyawan larispa tetap bekerja akan tetapi pendapatanya berkurang, sehingga dengan adanya koperasi syariah diharapkan mereka bisa mendapatkan dana pinjaman yang murah dengan berbasis syariah yang tidak memberatkan tidak seperti lintah darat ungkap Rahmadani S.kom.,M.Kom ketua Ketua Koperasi.

"Kemudian ini juga bermanfaat bagi masyarakat, jadi banyak juga masyarakat kita yang meminjam ke kita namun untuk itu kita memiliki wadahnya dalam bentuk koperasi. 
Memang sangat berdampak sekali bagi kinerja kita dan kinerja masyarakat sekitar sosial," ujarnya.

Dikatakan Rizal pendirian ini sudah memutuskan bahwa Ketua koperasinya adalah Rahmadani S.Kom.,M.,Kom kemudian dewan pengawas syariahnya adalah  Dr Syafrudin Siregar MAg dan pembina Drs.Abdulah Ari dan Muhammad Rizal.,M.Si

"Alamat Koperasi tersebut di Jalan Sei Mencirim koplek Lalang Green land 1 pertokoan No.1B. Koperasi jasa larispa mandiri juga akan memiliki perwakilan di ini dari karyawan larispa di Jakarta, Makassar, Balikpapan, Padang, Pekan baru, Papua, Papua Barat, disemua cabang akan dibantu memiliki karyawan agar masyarakat dapat memanfaatkan jada peminjaman dan lainnya secara syariah," ungkapnya mengakhiri wawancara.(mnl)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini