Soal Covid-19, RSUPH Adam Malik Jelaskan Tidak Ada Pasien Terjangkit

Sebarkan:

Medan- Pihak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik mengatakan bahwa tidak ada pasien yang terinfeksi oleh virus corona atau Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut). 

PIC Tim Penyakit Infeksi New-Emerging (PINERE) RSUP Haji Adam Malik dr Ade Rahmaini SpP mengatakan memang ada 4 orang warga Sumut yang dirawat di sini dan diduga terinfeksi virua corona, masing-masing pasien dirujuk dari Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan, satu pasien dari RSU Murni Teguh, satu pasien dari Klinik di Medan, dan satu lagi dari RS di Padangsidimpuan. Dari keempat pasien ini tidak ada satupun pasien yang suspect atau positif corona.

"Saat ini keempatnya sudah dipulangkan. Namun satu pasien yang dirujuk dari RS Haji masih dilakukan pemantauan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumut," jelasnya.

Ade menjelaskan, dari hasil pemeriksaan gejala klinis maupun foto thorax yang sudah dilakukan, keempatnya dalam kondisi sehat (tidak suspect (Covid-19). Adapun diagnosanya hanya infeksi saluran pernafasan saja.

"Untuk satu pasien kenapa dilakukan pemantauan, karena dia memiliki riwayat kontak dengan warga asal Singapura," jelasnya.

Sementara itu, Kassubag Humas RSUP Haji Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak menambahkan, meskipun satu pasien harus dilakukan pemantauan karena memiliki riwayat kontak dengan warga asing, pihak rumah sakit juga belum bisa memastikan bahwasanya warga Singapura tersebut terinfeksi virus corona ataupun tidak.

"Hanya saja untuk pemantauan ini bisa lebih ditanyakan ke Dinas Kesehatan Sumut saja. Karena bukan wewenang RS Adam Malik untuk memberikan penjelasan," terangnya.(ja)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini