Jangan Biarkan Harga Masker di Medan Mahal karena Corona

Sebarkan:

Medan- Seiring dengan mulai ditemukannya pasien positif covid 19, dan terjadi permintaan masker yang signifikan Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin menilai ini sesuatu yang wajar. 

"Namun yang perlu diperhitungkan adalah sisi persediaannya mengingat akan ada peningkatan permintaan yang signifikan nantinya. Kondisi ini perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah, khususnya dinas kesehatan terkait," katanya, Selasa (3/3/2020).

Guna mencegah penyebaran virus corona, masyarakat itu kan pada umumnya melakukan upaya pencegahan mengikuti arahan dari pemerintah untuk memakai masker guna menghalangi potensi penyebaran virus. 

"Seyogyanya kita sudah memperhitungkan kemungkinan peningkatan kebutuhan akan masker jauh hari sebelum arahan itu dibuat," ujarnya.

Sejauh ini, dia mendapat kabar kalau telah terjadi kenaikan harga masker yang cukup signifikan. Angkanya melebihi 100%. Belum bisa dipastikan memang apakah kenaikan ini lebih dikarenakan oleh persediaan yang terbatas, atau justru hanya ulah spekulan (pedagang) yang memanfaatkan momen ini untuk meraup keuntungan.

"Dengan kondisi ancaman kesehatan seiring dengan ditemukan penyebaran virus, saya menilai kenaikan harga masker tersebut merupakan suatu hal yang harusnya dilarang," katanya.

Untuk itu, kita butuhkan intervensi dari pemerintah agar sekiranya bisa membatasi ruang gerak spekulan tersebut. Jangan sampai karena harga masker yang lebih mahal, lantas masyarakat enggan mmbelinya dan membiarkan dirinya “terbuka” dari kemungkinan serangan virus yang bisa memberikan multiplier efek buruk bagi perekonomian maupun kesehatan.

"Untuk itu, pengawasan penjualan perlu dilakukan. Dan saya berharap [emerintah juga bisa turun tangan langsung dengan membagikan masker secara gratis kepada masyarakat. Termasuk juga program CSR perusahaan di sekitar Sumut agar mengalokasikan anggaran untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dalam pertahanan diri menangkal covid 19,"katanya.

Sejauh ini dia mendapatkan keluhan dari warga, dimana masker yang 1 kotak itu biasanya dijual 20 ribuan di medan, saat ini sudah mencapai 50 ribu per kotaknya. 

"Kita berharap pemerintah setempat serius untuk mencegah penyebaran corona. Jangan sampai terlambat dalam mengantisipasi, karena konsekuensinya akan lebih parah jika kita terlambat bertindak,"katanya. (ja).

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini