Siap Amankan Laut Indonesia, Bakamla RI Seleksi CPNS yang Tangguh

Sebarkan:

Jakarta- Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Keamanan Laut RI Tahun Anggaran 2019 memasuki hari terakhir seleksi kompetensi dasar (SKD) yang terselenggara di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (SESKOAL) di Jl. Ciledug Raya No. 2, Komplek Seskoal, RT.4/RW.11 Cipulir, Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Kemarin.

Pelaksanaan tes SKD metode yang digunakan adalah computer assisted test (CAT) memiliki bobot 40%. Sementara sisanya, atau 60% dinilai melalui seleksi kompetensi bidang (SKB). Setelah tahapan SKD ini, peserta yang akan mengikuti tahapan SKB adalah mereka yang dinyatakan memenuhi nilai ambang batas dan peringkat terbaik dari 3x formasi jabatan yang dilamarnya. Untuk alokasi penerimaan CPNS Bakamla RI sendiri berjumlah 171 peserta dengan 153 peserta dalam kategori umum, 1 kategori Putra dan Putri Papua, dan 17 orang untuk kategori cumlaude.

Peserta seleksi CPNS Bakamla RI yang telah dinyatakan lulus melaksanakan tes SKD akan melanjutkan ke tes Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) yang terdiri dari 3 tahapan. Yang pertama adalah tes renang yang meliputi Kecepatan dan jarak tempuh dengan bobot 20% dengan jarak 50 Meter untuk pria dan 25 Meter untuk wanita. Tahap ke dua adalah tes psikotes yang meliputi potensi kerja, stabilitas dan penyesuaian diri dengan bobot nilai 20%. 

CPNS Bakamla RI memiliki kekhasan tersendiri dibanding dengan CPNS lainnya. Karenanya, pada tes SKB tahab terakhir, peserta seleksi CPNS Bakamla RI dituntut untuk melaksanakan tes jasmani/samapta dengan bobot 20%, terdiri dari Tes lari 12 menit, Tes Push Up 1 menit, Tes Pull Up 1 menit untuk peserta Pria, Tes Chinning 1 menit untuk peserta Wanita, Tes Sit Up 1 menit, Shutle Run 10 putaran . 

Seluruh rangkaian tes tersebut demi mewujudkan karakter personel Bakamla RI menjadi Paramiliter yang cerdas, gigih, dan berani.
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini