Kinerja IHSG Hari Ini Bergerak Dua Arah

Sebarkan:

Medan- Kinerja indeks bursa saham selama satu hari ini bergerak dua arah. IHSG seakan bergerak ambigu merespon perkembangan isu belakangan ini. Kinerja indeks bursa di asia yang banyak diperdagangkan diteritori positif sebenarnya bisa menjadi angina segar bagi IHSG. Namun hal ini sepertinya tidak begitu berpengaruh ke pasar keuangan nasional, khususnya terhadap IHSG.

"Kondisi fundamental sjeumlah negara tetangga yang mengalami penurunan, turut menghantui pasar keuangan di asia tenggara," kata analist keuangan Sumut, Gunawan Benjamin, Selasa (18/2020). 

Singapura diyakini sebagai negara yang mengalami pukulan berat akibat dampak yang ditimbulkan dari serangan virus corona tersebut. Negara yang dengan mengandalkan ekspor sebagai motor penggerak roda perekonomian menjadi terpuruk karena negara tujuan ekspornya mengalami masalah akibat penyebaran virus corona.

Malaysia, Singapura, Jepang juga tengah mengkuatirkan pertumbuhan ekonominya. Sementara Indonesia, diyakini pertumbuhan ekonominya meskipun melambat namun akan masih mampu tumbuh di atas 4% di kuartal pertama 2020 ini.

IHSG pada perdagangan hari ini ditutup nyaris tidak berubah dengan menguat tipis di level 5.867,52. sementara Rupiah diperdagangkan menguat dikisaran level 13.665 per US Dolar. Kondisi pasar keuangan secara keseluruhan masih dalam tekanan, dan belum menunjukan adanya sinyalemen penguatan dalam jangka pendek.

Dari dalam negeri, pelaku pasar akan menantikan kebijakan Bank Indonesia dalam menentukan besaran suku bunga acuannya dalam waktu dekat nanti. Walau demikian pelaku pasar tidak begitu kuatir dengan apa yang akan diambil BI nantinya.(ja)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini