Sebarkan:

Medan- Harga cabai merah mengalami kenaikan sangat tajam di akhir pekan kemarin hingga pada hari ini. Harga cabai merah yang sebelumnya sempat turun dikisaran level 35 ribuan per kg, berbalik naik. Sempat di 45 ribuan per Kg pada hari minggu dan berlanjut sampai hari ini dikisaran 40 ribuan per kg. harga cabai rawit juga mengalami kenaikan tajam seiring dengan kenaikan harga cabai merah.

Berdasarkan hasil penelurusan di pasar, ditemukan ternyata ada beberapa masalah dilapangan dimana hujan yang sempat mengguyur selama akhir pekan kemarin, menjadi pemicu memburuknya masalah distribusi cabai dari pusat produksi ke konsumen.

Beberapa masalah yang ditemukan, selain petani yang enggan turun ke ladang. Distributor juga mendapatkan kesulitan dalam mengemas cabai tersebut. Cabai yang dikemas untuk selanjutnya di bawa ke pedagang mengalami pembusukan. Hal ini membuat distributor cenderung membuang cabai yang busuk, dan menaikkan harga jual cabainya sendiri.

Hal inilah yang ditengarai sebagai pemicu memburuknya harga cabai belakangan ini. Faktor cuaca menjadi alasan membuat cabai mahal harganya. Meski demikian, saya melihat jika nantinya curah hujan sudah berkurang, dan cuaca cukup baik, saya yakin harga cabai akan kembali mengalami pemulihan. Sehingga saya menilai bahwa harga cabai yang naik ini hanya bersifat sementara saja.

Berbeda dengan harga cabai. Bawang putih mengalami penurunan harga yang signifikan pada perdagangan hari ini. Sejak kemarin harga bawang putih turun menjadi sekitar 40 ribu per Kg di pedagang pengecer. Walaupun mungkin konsumen juga mendapatkana harga bawang putih sekitar 35 ribuan per Kg nya.

Tentunya dengan kualitas yang pasti berbeda. Untuk itu, konsumen tidak perlu mengkuatirkan adanya lonjakan harga cabai belakangan ini. Semuanya masih terkendali, dan saya yakin harga cabai akan pulih dengan segera.

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini