Gubsu: Anak-anak Harus Bercita-cita Membangun Daerah

Sebarkan:

Deli Serdang- Pelajar sebagai generasi muda haruslah memiliki cita-cita membangun daerah. Karena pelajar merupakan generasi muda penerus bangsa yang nantinya akan melanjutkan pembangunan daerah.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi saat memberikan arahan kepada para Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Sumut dan kepala sekolah SMA/SMK se-Kabupaten Deliserdang di Halaman Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Beringin  Jalan Pendidikan Beringin Deliserdang, Jumat (7/2). "Anak-anak kita harus punya cita-cita membangun daerah," kata Gubernur yang hadir bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi.

Kepada para hadirin Gubernur juga menyampaikan sejumlah rencana pembangunan yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) di Sumut, antara lain jalan tol dalam Kota Medan, sport centre, rumah sakit bertaraf internasional dan lainnya. Gubernur juga meminta dukungan agar rencana tersebut dapat segera terealisasi.

"Jadi nanti yang akan kita bangun akan kita buktikan. Saya ingin berbuat yang terbaik untuk kampung halaman. Oleh karena itu harus kita tata benar dengan benar. Untuk itu mari sama-sama kita dukung," ujar Edy Rahmayadi.

Edy juga mengatakan, pembangunan karakter generasi muda di Sumut sangat penting. Sebab hal itu akan mempengaruhi masa depan Sumut. Gubernur memberi contoh seperti di Jepang dimana orang tidak mau membuang sampah sembarangan. Lingkungannya pun menjadi sehat dan orang-orang di usia 80 tahun masih kuat bekerja.

“Otak, akhlak dan stamina ini perlu diisi dengan baik agar Sumut kita maju, itu yang harus kita tanamkan kepada anak-anak kita,” kata Edy.

Selain itu, Gubernur juga berpesan agar menekankan kerukunan kepada para siswa. Karena tanpa kerukunan Indonesia tidak akan maju. “Meski agama kita berbeda, tapi jika cerita kebangsaan dan Sumatera Utara kita harus satu,” tegas Gubernur.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan revitalisasi SMK kepada 21 sekolah di Sumut. Bantuan revitalisasi tersebut bersumber dari Kementerian Pendidikan dan Budaya Republik Indonesia. Dana tersebut nantinya bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti rehabilitasi sekolah dan lain sebagainya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis mengatakan bantuan tersebut sejalan dengan visi dan misi Sumut Bermartabat. “Harapan dengan adanya revitalisasi ini akan bisa mendorong anak-anak kita lebih giat belajar, sehingga angka partisipasi murni dan kasar di Provinsi Sumatera Utara meningkat,” kata Arsyad.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan nota kerja sama antara Dinas Pendidikan Sumut dengan Perusahaan Daerah Aneka Industri dan Jasa Provinsi Sumut tentang program peningkatan mutu sekolah cerdas bermartabat di bidang pengembangan kewirausahaan, media pembelajaran gerakan literasi sekolah, penguatan pendidikan karakter berbasis lingkungan serta sarana dan prasarana pendidikan sekolah. Gubernur dan rombongan juga meninjau seluruh fasilitas SMKN1 Beringin.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Baharuddin Siagian, Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Sumut Achmad Fadly dan Kepala Sekolah SMKN1 Beringin Ilyas.
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini