Diyakini Lereng Arjuno Menyimpan Candi Ukuran Raksasa

Sebarkan:


Malang- Bukit yang secara administrasi masuk wilayah Desa Tulungrejo, Kecamatan Ngantang, diyakini menyimpan benda purbakala sebesar Candi Borobudur.

Keyakinan itu bukan tanpa bukti, tapi melalui proses eksplorasi yang dilakukan ditempat itu. Bukit itu masih berada dikawasan lereng Gunung Arjuno.

Rianto dari Damar Panuluh Nusantara (selasa,11/2/2020) menjelaskan, penemuan batu bata kuno diatas dan dibawah bukit diyakini bagian dari bangunan berwujud candi.

Bila ditinjau tinggi bukit dan lebarnya, diduga candi yang terpendam itu berukuran besar, dan tidak menutup kemungkinan sebanding dengan besarnya Candi Borobudur.

Temuan 3 karakteristik maupun jenis batu bata kuno, mengarah pada 3 masa atau jaman. Diduga, candi ini dibangun atau direnovasi dalam 3 masa.

Batu mirip umpak, terlihat sebagian masih terpendam, dan sebagian lagi menunjukkan wujud sepenuhnya.

Haryono dari Damar Panuluh Nusantara menambahkan, batu bata kuno yang ditemukan ada 2 jenis, yaitu terbuat dari batu andesit dan bata merah. Kedua jenis batu tersebut memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Lokasi bukit tersebut tidaklah jauh, hanya 2 kilometer dari Balai Desa Tulungrejo. Sedangkan jarak tempuh perjalanan kaki hanya membutuhkan waktu 15 menit.

Kemungkinan mengapa candi itu bisa terpendam, lebih mengarah pada dampak aktifitas vulkanologi dari 3 gunung legendaris yang mengepungnya. 

Ketiga gunung tersebut adalah Gunung Arjuno, Kawi dan Kelud, namun bukit ini lebih condong masuk kawasan lereng Arjuno. 

Kepala Desa Tulungrejo, Muliadi, membenarkan keberadaan batu bata kuno yang diduga bagian dari struktur bangunan candi. 

Namun, pihaknya masih membutuhkan pihak yang berkompeten untuk menindaklanjuti atas penemuan benda yang berstatus purbakala itu. (Hs)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini