Cina Lakukan Test Dampak Virus Terhadap Ekonomi, Pasar Keuangan Anjlok

Sebarkan:

Medan- IHSG kembali melanjutkan tren pelemahan pada perdagangan hari ini. IHSG turun 0.69% di level 5.871,95. Kinerja IHSG terkoreksi meskipun di awal sesi pembukaan perdagangan IHSG sempat mengalami penguatan. Kinerja IHSG terpuruk seiring dengan masih banyaknya tekanan pada pasar keuangan domestic.

"Tekanan fundamental datang dari kondisi perekonomian global. Disisi lain pelaku pasar juga tengah menanti perkembangan kasus JKiwasraya yang menyita banyak perhatian pelaku pasar. Dari Cina, dilap[orkan pemerintah cina akan melakukan stress test terkait dengan sisten keuangannya seiring merebaknya kasus virus corona," kata ekonom Sumut, Gunawan Benjamin, Kamis (13/2/2020).

Data ekonomi AS khususnya dari pertumbuhan ekonomi AS di 2019 juga tidak begitu menggembirakan. Realisasi pertumbuhan ekonomi AS di tahun 2019 hanya sebsar 2.3%, padahal tahun 2018 sempat menyentuh level 2.9%. Realisasi pertumbuhan ekonomi AS tersebut sekaligus menjadi indikasi bahwa pertumbuhan ekonomi global mengalami perlambatan. Ditambah lagi cina yang juga merilis perlambatan yang tidak jauh berbeda.

Senada dengan IHSG, mata uang Rupiah juga diperdagangkan melemah di level 13.694 per US Dolar. Secara keseluruhan pasar keuangan kita mengalami koreksi pada perdagangan hari ini.(ja)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini