Sumut Terus Ekspor Domba ke Malaysia

Sebarkan:

Medan- Sumut terus mengekspor domba ke Malaysia untuk memenuhi kebutuhan/ permintaan negara itu yang terus meningkat. "Domba - domba itu berasal dari berbagai daerah di Sumut," ujar Chief Operating Officer, Aaliyah's, Pte Ltd, Mohamed Rafee bin Mohamed Eunos di Tanjung Balai, Sumut, Rabu (29/1/2020).

Dia  yang didampingi Operasional Manager Aaliyah's di Tanjungbalai,  Muhammad Iqbal Fadlillah Lubis, mengatakan itu usai pengapalan domba dengan  KM Camar Permai
GT.344 NO 2020/ PPb. yang disaksikan petugas Badan Karantina Pertanian, SKP Kelas I Tanjubg Balai Asahan.

Menurut dia, Malaysia semakin membutuhkan domba Sumut  untuk kebutuhan negara itu baik dalam bentuk daging segar dan beku untuk kebutuhan restoran, maupun akikah dan kurban.

"Ekspor domba dari Sumut itu sudah terbukti memiliki banyak dampak positif bagi perekonomian termasuk peternak di Sumut,," katanya.

Apalagi, ujar Rafee, perusahan membeli domba dengan  berbagai ukuran termasuk yang berbobot besar dan domba afkir yang biasanya tidak laku lagi dijual di Sumut.

Ekspor domba yang dilakukan pada tanggal 28 Januari 2020 misalnya rata- rata dengan berat 35 kg ke atas bahkan beberapa di antaranya afkir.

Domba Sumut semakin diakui pasar khususnya negara Malaysia pascaIdulAdha tahun lalu, sebanyak 250 domba asal Batubara Sumut disembelih untuk kurban di Johor Bahru, Malaysia

Bahkan hewan kurban yang disembelih dalam Program ASNAF Mampu Kurban pengusaha, Mohamad Nor Ashraf  bin Abu Bakar itu meraih The Malaysia Book Records dengan penyembelihan hewan terbanyak.

Menurut dia,  ekspor domba ke Malaysia yang dilakukan dari berbagai daerah, mulai  Batubara, Langkat, Binjai, Deliserdang dan Serdangbedagai 
 menunjukkan bahwa Sumut  diakui sebagai produsen domba.

Mohamed Rafee menegaskan, Aaliyah's bersiap membina /mendampingi peternak untuk bisa lebih menghasilkan domba yang lebih berkualitas.

Aaliyah's siap menampung domba peternak Sumut seberapapun jumlahnya karena kebutuhan Malaysia 30ribuan - 60ribuan ekor per bulan.

"Setelah Januari, rencana Februari ada ekspor 500 ekor lagi dari Tanjung Balai. Harapannya setiap bulan bisa mengekspor 2.000 ekor per bulan,"  ujarnya.

Operasional Manager Aaliyah's di Tanjungbalai,  Muhammad Iqbal Fadlillah Lubis, mengakui, peternak domba di Sumut merasa tertolong karena Aaliyah's bersedia membeli semua domba dengan berbagai kualitas."Harga beli juga relatif lebih bagus," katanya.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mencanangkan Kabupaten Batubara sebagai salah satu sentra domba. Sumut, kata Edy berharap bisa meningkatkan ekspor domba agar peternak bisa semakin sejahtera. (ja)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini