Awal tahun IHSG dibuka Minus

Sebarkan:

Medan- Hari pertama perdagangan di tahun 2020, IHSG ditutup melemah 0.25% di level 6.283,58. Kinerja IHSG melemah setelah selama menjelang penutupan perdagangan 2019 IHSG justru sering mengalami kenaikan. Saya menilai, aktifitas ekonomi di Jakarta yang lumpuh akibat banjir besar membuat aktifitas di bursa terganggu.

"Banjir besar yang melanda Jakarta ini menjadi kabar buruk di awal tahun, yang bukan hanya membuat pasar kuatir terganggunya aktifitas ekonomi, lebih dari itu nantinya akan mempengaruhi sejumlah harga kebutuhan pokok lainnya bagi masyarakat," kata analist keuangan Sumut, Gunawan Benjamin, Kamis (2/1/2020)

Di tahun ini, setidaknya pelaku pasar juga masih akan mengkuatirkan adanya isu eksternal seperti perang dagang yang mungkin saja akan tetap berkecamuk. Ditambah lagi pemilihan Presiden di AS yang cenderung akan membuat situasi geopolitik global akan terpengaruh.

Tahun 2020 masih menyisahkan sejumlah masalah dengan potensi harapan pemulihan kinerja pasar keuangan yang terbatas. Untuk itu, pelaku pasar diharapkan lebih berhati-hati dalam berinvestasi, mengingat sejumlah ketidakpastian eksternal tetap berpeluang terjadi.

Disisi lain, mata uang Rupiah pada perdagangan hari ini membukukan pelemnahan dibandingkan dengan kinerjanya di hari terakhir penutupan tahun kemarin. Rupiah ditutup di level 13.983 per US Dolar atau melemah dibandingkan dengan penutupan sebelumnya di level 13.860-an per US Dolar.(JA)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini