Dirut PD Pasar Kota Medan Hadiri Acara Koperasi PIN Pasar Induk Medan

Sebarkan:

Medan- Dirut PD Pasar Kota Medan, Rusdi Sinuraya  hadir dalam undangan Koperasi Pedagang Ikan dan Nelayan (Kopersasi PIN) Pasar Induk Medan di kelurahan Bagan Deli, Medan Belawan.  Dikatakannya, dalam 6 bulan kedepan tidak akan ada kutipan retribusi dari PD Pasar kepada pedagang.

Kehadiran beliau disambut hangat warga dengan penuh kesederhanaan, disambut dengan makanan laut hasil tangkapan nelayan dan acara diselenggarakan dengan pembiayaan murni swadaya dari warga dan anggota koperasi nelayan. 

Koperasi PIN baru terbentuk tahun 2019 lalu, setahun masa konsolidasi adalah waktu yang cukup matang dalam mempersiapkan berjualan.


Kehadiran Dirut PD Pasar kota Medan tersebut sudah lama dinantikan, karena para anggota ingin dengar langsung tentang rencana berjualan tersebut dari PD Pasar kota Medan selaku pengambil keputusan. 


"Kios akan diberikan atas nama nelayan atau Pedagang ikan sesuai KTP dan KK dibawah naungan Koperasi PIN Pasar Induk Medan. Sehingga pedagang tidak perlu khawatir tentang keamanan dan kenyamanan dalam hal berjualan, saya juga akan jamin," katanya, kemarin.


Dalam acara tersebut, hadir juga Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (APSINDO) cabang Kota Medan Rukun Depari, dalam sambutannya menjelaskan, bersama PD Pasar akan mengarahkan 53 pasar dibawah naungan PD Pasar akan berbelanja ikan ke Pasar Induk Medan. 


Ketua Koperasi PIN Pasar Induk Medan, Irwan Haryanto menyambut baik kehadiran PD Pasar Kota Medan dan mengucapkan selamat Datang di Kampung Bagan Deli, Inilah kampung mereka, inilah keadaan mereka apa adanya.


"Kami terdiri dari warga Bagan Deli, Gabion, Secanang dan Kampung Nelayan Indah. Kami sudah siap lahir batin untuk berjualan di pasar Induk Medan. Dalam acara tersebut diserahkan juga 100 nama (fotocopy ktp) pedagang ikan dan nelayan yang sudah siap berjualan," ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut atas nama Koperasi Nelayan dan Pedagang Ikan juga menyampaikan dukungan atas kebersediaan Bapak Rusdi Sinuraya maju sebagai bakal calon wakil walikota Medan, Koperasi PIN menyampaikan pesan agar lebih memperhatikan nelayan dan pedagang ikan serta masyarakat Medan Utara secara umum. 


Benson Kaban selaku ketua dewan pembina Koperasi PIN dalam sambutannya menambahkan, pertemuan hari ini lebih setahun kita nantikan, ini merupakan moment penting, tonggak awal dan sejarah baru bagi koperasi PIN. Pasar Induk sudah siap dan tinggal Nelayan dan Pedagang Ikan saja mengemas barang dagangan nya untuk berjualan, Koperasi melalui jaringan pemasarannya akan mempromosikan hingga menjamin pembeli ikan datang ke pasar Induk Medan. 


"Koperasi sejatinya juga menjamin agar anggotannya betjualan tidak rugi, artinya segala jualan anggota jika tidak habis akan dibeli oleh koperasi dengan harga dasar. Hal tersebut memastikan agar setiap hari ikan yang dijual adalah ikan segar," katanya.


Koperasi bersama pengelola pasar sayur mayur akan bekerjasama agar ikan yang tidak habis dijual malam, bisa titip jual bersama mobil pick up/ truck yang turun dari setiap desa dari dataran tinggi karo, Simalungun dan Dairi agar pulang membawa ikan segar. sebalinya Nelayan yang kembali ke pesiair membawa sayur dan buah. 


Benson Kaban yang juga sebagai CEO PT. Medan Raya Transportasi juga mendukung pengadaan Angkot MARS Trayek 131 dan 61 kepada setiap pedagang ikan. Malam mobil membawa ikan ke pasar Induk, Pagi pulang bawa sayur buah ke Belawan dan siang supir bekerja membawa penumpang di Trayeknya. Cikalbakal Koperasi PIN ini berawal dari peremajaan armada angkot MARS, saat ini sekitar 40 an unit armada Angkot tersebut pemiliknya adalah nelayan dan pedagang ikan.(JA)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini