BI Corner Hadir di SMAN 1 Binjai

Sebarkan:

Binjai- Dalam rangka meningkatkan literasi ekonomi dan pemahaman masyarakat tentang peran dan fungsi Bank Indonesia, maka Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut resmikan BI Corner SMAN 1 Binjai.

Kepala Perwakilan BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, peresmian BI Corner ini merupakan komitmen BI dalam meningkatkan literasi kepada masyarakat. Tidak hanya kepada kalangan akademisi, universitas, tetapi juga kalangan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan para guru-guru.

"Ini merupakan BI Corner yang ke-17 di Sumatera Utara dan ditargetkan akan menghadirkan 1.000 BI Corner di Indonesia. Harapan kami, dengan adanya BI Corner yang semakin merata dan semakin banyak, masyarakat akan mengetahui apa itu BI," kata Wiwiek, Selasa (28/1/2020).

Wiwiek mengakui, meskipun sudah 30 tahun lebih mengabdi di BI, namun masih ada masyarakat yang belum mengerti apa itu BI. Untuk itu, dia berharap masyarakat mengetahui apa tugas-tugas pokok BI, baik bagaimana mengelola kebijakan moneter hingga mengendalikan inflasi.

"Kita ingin masyarakat mengetahui tugas BI, bagaimana mengelola kebijakan moneter, mengelola perekonomian, mengelola makroprudensial, mengelola sistem perbankan, sistem pembayaran. Itu semua diharapkan bisa dipahami paling tidak dimengerti masyarakat," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, masyarakat juga diharapkan mengerti bahwa tugas BI bukan hanya itu. Tetapi ada tugas-tugas kebijakan-kebijakan BI yang juga sangat penting di dalam upaya mendorong perekonomian, stabilisasi harga, dan terutama inflasi.

"Tugas-tugas BI yang spesifik seperti itu, masih banyak masyarakat yang tidak tahu, begitu juga anak-anak sekolah. Nah pemahaman seperti itu kita sampaikan lewat BI Corner yang menyediakan literatur buku-buku tentang ekonomi dan tentang BI," jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Binjai Susianto SPd MSi menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh BI dan diresmikannya BI Corner tersebut.

"Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami, mendapat satu akses media pembelajaran bagi peserta didik kami dan guru-guru. Selain itu juga menambah literasi dan literatur tentang keekonomian di SMAN 1 Binjai," ujarnya.

Menurutnya, para siswa sangat antusias dengan hadirnya BI Corner tersebut. Bahkan, meskipun belum diresmikan para siswa sangat antusias untuk membaca buku-buku tentang ekonomi dan BI tersebut.

"Ini suatu kebanggaan bagi kita, bahwa bantuan BI Corner ini sangat bermanfaat. Bahkan, para siswa sangat antusias dengan kehadiran BI Corner ini. Meskipun belum diresmikan, buku-bukunya sudah banyak yang dipinjam oleh para siswa dan guru-guru," ujarnya. (JA)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini