Banjir Bandang di Tapteng, Hantam Ratusan Hektar Padi Sawah

Sebarkan:
Tapteng- Banjir bandang terjadi di Kabupaten Tapanuli Tengah, banjir menerjang sedikitnya 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Barus, Sorkam dan Sorkam Kanan.

Berdasarkan pantauan Dinas Pertanian Sumut bahwa banjir tersebut menghantam ratusan hektar padi sawah diantaranya di Kecamatan Barus Terkena 20 ha,  Sorkam sedikitnya Terkena 150 ha dan Sorkam Barat Terkena swkitar 50 ha, Alhamdulillah tidak ada yang Puso.

Kepala UPT.Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara, Marino, mengatakan banjir ini terjadi pada hari Rabu 29 Januari 2020 sekitar pukul 22.00 Wib yang dikarenakan meluapnya salah satu sungai di Tapteng sehingga meluap sampai ke pemukiman penduduk.

"Akibat dari banjir tersebut rumah penduduk ada yang hampir roboh, kerugian materi yang belum terhitung jumlahnya dan bahkan ada yang meninggal dunia, bahkan tanaman mereka yang bertanipun habis rata dengan air," katanya, Jumat (31/1/2020).

Dikatakannya, langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Jajaran Perlindungan Tanaman Pangan sesuai tupoksinya adalah mendirikan pertanaman padi yang rebah dan mengikatnya. Membersihkan parit-parit. Membantu posko-posko di SMP N 1 Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah.

"Keadaan saat ini lokasi banjir masih dikunjungi oleh Gubernur Sumatera Utara Bapak Edy Rahmayadi dan Rombongan, harapan kami semoga bencana banjir dapat segera memulihkan kehidupan dan perekonomian masyarakat setempat," pungkasnya. (hs)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini