6 Cara Alami Atasi Sakit Telinga Tanpa Obat Dokter

Sebarkan:

Jakarta- Ada beberapa kondisi yang dapat membahayakan kesehatan kita, salah satu masalahnya adalah sakit telinga. Rasa sakit yang mengganggu ini tentu memengaruhi pekerjaan, aktivitas, serta saat-saat santai dan relaksasi kita.

Penasaran apa saja obat rumah yang mampu meredakan sakit telinga? Berikut ulasannya seperti merangkum dari Brigt Side, Minggu (26/1/2020). 

1. Kompres Panas atau Dingin
Bantalan termal atau kompres dingin dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Letakkan di telingamu selama 10 menit sekali, bergantian antara panas dan dingin. Bisa juga dengan menggunakan kompres panas atau dingin saja, dan bukan suhu alternatif.

2. Minyak Zaitun
Tekstur minyak zaitun membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penumpukan lilin. Karena aplikasi langsungnya dapat melembutkan dan menghilangkan kelebihannya.

3. Pijat
Titik Pijatan pada Tubuh Ini Ampuh Redakan Sakit Kepala
Di atas Telinga / Sumber: Brightside.me
Untuk rasa sakit yang disebabkan oleh masalah dengan otot-otot mengunyah, cobalah memijat dengan lembut area dengan menekan dan mulai di belakang telinga, bergerak ke arah leher dengan gerakan ke bawah, dan kemudian ke arah depan.

4. Jahe
Jahe dapat membantu mengurangi rasa sakit berkat sifat alami aktifnya, serta fakta bahwa ia antimikroba dan antijamur. Cukup oleskan jus jahe hangat di sekitar saluran telinga luar, tanpa meletakkannya langsung di telinga

5. Bawang Putih
Selama bertahun-tahun, bawang putih telah digunakan sebagai bantuan untuk menghilangkan rasa sakit dan mencegah infeksi, berkat sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Untuk menenangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan, rendam bawang putih yang dihancurkan dengan minyak wijen selama beberapa menit. Kemudian saring dan oleskan ke saluran telinga.

6. Penghilang Rasa Sakit yang Dijual Bebas
Beberapa obat bebas yang dapat membantu mengendalikan rasa sakit yang terkait dengan infeksi telinga adalah acetaminophen, ibuprofen dan aspirin.

Penting untuk kita ikuti instruksi dokter mengenai kadar dosis yang sesuai dan berkonsultasi sebelum memberikannya kepada anak-anak dan bayi, karena mereka biasanya membutuhkan dosis yang lebih kecil. Ingatlah bahwa tidak aman bagi anak di bawah umur untuk mengonsumsi aspirin.(dikutip dari Liputan6.com)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini