5 Daftar Makanan dan Minuman Sehat untuk Penderita Asam Lambung

Sebarkan:

Untuk mencegah meningkatnya asam lambung, berikut ada 5 daftar makanan dan minuman sehat yang baik dikonsumsi untuk penderita penyakit asam lambung.

1. Gandum biji-bijian
Sebagian orang merasa tidak bisa bertahan lama dalam kondisi tidak nyaman akibat asam lambungnya naik, sehingga cenderung mencari obat kimia.

Padahal ada cara alami agar asam lambung kembali normal, salah satunya dengan mengonsumsi beberapa makanan sehat seperti gandum dan biji-bijian.

Di mana roti gandum maupun sereal mengandung banyak vitamin, serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung. Sedangkan biji-bijian yang kaya akan serat seperti beras merah dan oatmeal adalah pilihan terbaik untuk melawan asam lambung.

Mengonsumsi oatmeal juga sangat baik untuk mengatasi gejala penyakit asam lambung, yaitu menurunkan gejala reflux dan membuat kamu kenyang lebih lama.

2. Minuman aloe vera
Tak hanya diolah menjadi produk kecantikan, ternyata lidah buaya juga dapat diolah menjadi minuman.

Jus lidah buaya yang rasanya kenyal dan menyegarkan ini juga memiliki manfaat untuk penyakit asam lambung. Dengan meminum jus lidah buaya, maka dapat membantu mengatasi nyeri ulu hati dan memerangi ulkus lambung.

3. Minuman jahe
Pada umumnya penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan yang paling sering terjadi pada orang dewasa.

Selain aloe vera, ternyata ada minuman lain yang bisa digunakan untuk meringankan masalah asam lambung. Ya, rempah yang satu ini sudah terkenal sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Ternyata minuman jahe merupakan zat anti-inflamasi yang dapat membantu memerangi gejala asam lambung, karena jahe memiliki kandungan anti radang yang mampu mengatasi masalah pencernaan dan mengobati iritasi lambung pemicu asam lambung.

4. Pisang
Asam lambung yang naik akan menyebabkan penderitanya mengalami ketidaknyamanan.

Oleh karenanya kamu harus bisa memilih makanan dengan cermat dan tepat. Ya, kamu bisa mengobati asam lambung dengan cara alami dengan mengonsumsi buah pisang.

Sementara pisang mengandung serat yang cukup tinggi dan baik untuk melancarkan pencernaan yang dapat meredam produksi asam lambung berlebih.

Kandungan kalium, potasium dan anatasida di dalam pisang bermanfaat untuk kesehatan lambung seperti melindungi dinding perut dan saluran pencernaan agar tidak terjadi iritasi.

Selain itu buah pisang juga kaya akan nutrisi penting seperti karbohidrat, kalium, zat besi, fosfor dan vitamin. Jika perut mulai terasa nyeri, segeralah mengonsumsi pisang selama 30-45 menit.

5. Sayuran hijau
Sebenarnya penyakit lambung masih memiliki kaitan erat dengan penyakit maag dan terjadi akibat memiliki pola makan yang tidak teratur. Kamu pun dapat mengatasinya dengan makanan sehat.

Daftar makanan untuk penderita asam lambung berikutnya yakni sayuran hijau. Kamu dapat mengonsumsi brokoli, selada, timun, buncis, dan asparagus

Sayuran hijau tersebut bisa membantu menurunkan asam lambung dan menyehatkan sistem pencernaanmu.

Terutama brokoli yang memiliki kandungan belerang, potasium, kalsium dan serat yang sangat berguna untuk menenangkan lapisan esofagus dan mengurangi sakit pada lambung.

Jangan biarkan asam lambungmu meningkat. Setelah mengetahui daftar makanan dan minuman sehat untuk penderita asam lambung, maka kamu dapat segera menghindari naiknya asam lambung yang dapat menyebabkan komplikasi serius.(dikutip dari Popmama)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini