2020, OPD Harus Selesaikan LK Tepat Waktu

Sebarkan:


Medan- Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM mengajak seluruh jajaran di tingkat organisasi perangkat daerah (OPD) hingga kecamatan dapat lebih memperbaiki kinerja di tahun 2020. Salah satunya dalam hal penyelesaian laporan keuangan (LK) yang menjadi wujud pertanggung jawaban kinerja selama setahun.

Ajakan tersebut disampaikan Sekda dalam Rapat Laporan Keuangan di Ruang Rapat III, Balai Kota Medan, Jumat (3/1). Diharapkan, OPD dan kecamatan dapat meningkatkan kedisiplinan dalam menyelesaikan LK. Sebab, jika penyerahan LK terlambat dilakukan maka dapat berdampak pada terlambatnya penyusunan perubahan anggaran pendapatan belanja daerah (P-APBD).

"Memasuki tahun 2020 ini hendaknya menjadi momentum kita semua untuk melakukan refleksi dan introspeksi diri atas tanggung jawab kerja yang dijalani. Jadikan berbagai pengalaman di tahun 2019 lalu sebagai pelajaran berharga untuk lebih mawas diri dan berhati-hati dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi)," kata Sekda.

Sekda menekankan, tahun 2020 harus menjadi tahun perubahan yang semakin baik bagi Kota Medan. Hal itu lanjutnya hanya dapat dilakukan jika seluruh jajaran dapat menjalankan tugas dengan komitmen, keseriusan dan penuh amanat. Sebab, masyarakat menunggu hasil kerja Pemko Medan khususnya dalam pembangunan dan pelayanan.

"Mari ubah kebiasaan buruk yang mungkin selama ini dilakukan. Niatkan diri bekerja untuk pengabdian bukan untuk meraup keuntungan. Apalagi sebagai manusia yang beragama, kita harus punya rasa malu pada sesama dan rasa takut pada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa agar setiap tugas yang kita lakukan senatiasa dalam koridor dan tidak bertentangan pada aturan," bilangnya.

Di hadapan sejumlah pimpinan OPD dan camat yang hadir, Sekda menghimbau agar dapat lebih peka dan memperhatikan para staf terlebih mendekati akhir tahun dalam penyusunan LK. Tujuannya untuk meminimalisir kekeliruan dan kesalahan dalam laporan sehingga bisa selesai tepat waktu.

"Kepedulian kita adalah wujud tanggung jawab kita. Tanpa komunikasi dan koordinasi maka setiap pekerjaan pasti akan terhambat lajunya. Yakinkan dalam diri rasa kesanggupan untuk menjalankan jabatan yang diemban. Tugas kita adalah membangun Kota Medan yang lebih baik," pesannya.

Untuk para camat, Sekda juga berpesan agar lebih pro-aktif memperhatikan kondisi wilayahnya masing-masing. Selain itu, tingkatkan koordinasi dengan lurah dan kepling agar setiap kawasan di seluruh kecamatan mendapat perhatian yang sama sehingga penataan wilayah dapat dilakukan secara maksimal.

"Kecamatan jadi representasi dan wajah kota. Maka, kami berharap para camat dapat melakukan pemberdayaan terhadap lurah dan kepling lewat koordinasi rutin. Mari kaji dan evaluasi diri. Semoga perbaikan demi perbaikan dapat kita lakukan secara signifikan," pungkasnya. (rel)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini