2019, FK PUSPA Sumut Catat Ada 73 Organisasi Masyarakat Layanan kepada Perempuan dan Anak

Sebarkan:

Medan- Sampai dengan Desember 2019, FK PUSPA Sumut mencatat ada 73 organisasi masyarakat yang melakukan berbagai bentuk layanan kepada perempuan dan anak, mulai dari bantuan hukum bagi korban perempuan dan anak, bantuan hukum bagi anak yang berhadapan dengan hukum (ABH), dan layanan sosial kepada anak-anak termarjinalkan, pendidikan bagi perempuan, dan berbagai kegiatan peninkatan kapasitas dan akses perempuan terhadap ekonomi.

"Layanan organisasi masyarakat yang lebih banyak difokuskan pada upaya-upaya pencegahan dengan meningkatkan kesadaran, pendidikan formal dan non-formal, pemberdayaan ekonomi, membentuk komunitas-komunitas peduli perempuan dan anak, merupakan strategi yang diperankan oleh Forum PUSPA, agar upaya memutus mata rantai kekerasan dapat dilakukan dari tingkat keluarga dan masyarakat," kata Ketua Puspa Sumut, Jumat (10/1/2020).

Selama 2019, sedikitnya 8.949 orang mendapatkan layanan dari Lembaga Masyarakat mitra FK PUSPA Sumut dan Pemerintah dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Berikut ini adalah rekapitulasi layanan Forum Komunikasi PUSPA Sumut bersama lembaga-lembaga mitra yang tersebar di beberapa kabupaten/kota:

Konstribusi untuk pemberdayaan, perlindungan, dan layanan bagi perempuan dan anak, juga didukung oleh sejumlah lembaga media, akademisi dan sektor bisnis. Mereka tidak hanya berperan dalam fungsi pokoknya, namun melampaui (beyond) dari peran dasar. Misalnya saja organisasi media seperti DAAITV, Elshinta, Analisadaily, RRI Medan, TVRI Sumut, harian9.com, Suara MAHARDIKA, dan sejumlah jurnalis yang tergabung dalam FJPI menunjukkan perannya, beyond dari peran-peran jurnalis. 

"Konstribusi-konstribusi ini tentu sangat berpangaruh besar, tidak saja dalam upaya-upaya pencegahan berbagai bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak, namun juga menghindarkan banyak anak-anak dari paparan narkoba, pornografi, free sex, pernikahan anak dan berbagai tindakan kriminalitas di komunitas anak. Sisi lainnya juga memberikan edukasi dan menyebarkan inspirasi-inspirasi dari berbagai praktik baik yang dilakukan individu maupun organisasi di akar rumput. Secara khusus FK PUSPA Sumut memberikan apresisasi dan ucapan terima kasih yang tak ternilai kepada sahabat media," pungkasnya. (JA)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini