Ribuan Warga Saksikan Fenomena GMC di Medan

Sebarkan:

Medan- Ribuan warga menyaksikan fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang terlihat di Sumatera Utara, khususnya Medan, Kamis (26/12/2019).

Antusias warga menyaksikan Gerhana Matahari Cincin dilakukan di halaman Kampus Pasca sarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Jalan Denai, Medan. "Kami mau tau bagaimana melihat Gerhana Matahari Cincin itu. Makanya karena penasaran kami datang ke sini (UMSU). Melihat pakai teleskop ataupun kacamata khusus yang dikasih panitia," ujar Fauzi saat ditemui di Kampus pasca sarjana UMSU, Jalan Denai, Medan.

Dia mengaku takjub dengan fenomena langka itu bisa dirasakannya di Medan, meskipun tidak terlihat sempurna. "Subhanallah indah sekali. Luar biasa ciptaan Tuhan ini, Allah Subhanawata'ala," ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UMSU, Agussani menjelaskan kegiatan menyaksikan Gerhana Matahari Cincin merupakan program yang telah disusun Observatorium Ilmu Falaq (OIF) dalam rangka untuk mengamati Gerhana  Matahari cincin atau gerhana matahari sebagian. "Hal ini juga untuk memberitahukan informasi kepada masyarakat bahwa OIF senantiasa meliput kejadian fenomena alam yang menjadi prioritas OIF UMSU," jelasnya.(iwm)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini