PUSPA Sumut Catat Tahun 2019 KDRT Dilaporkan 651 Kasus

Sebarkan:

Medan- Ketua Forum Komunikasi Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (FK PUSPA) Sumatera utara, Misran Lubis, mengatakan Sumut menunjukkan data bahwa kasus kekerasan seksual di ruang personal atau KDRT masih mendominasi dan tercatat/dilaporkan sebanyak 651 kasus ditahun 2019.

Dikatakannya bahwa angka ini turun 30 persen dari tahun 2018 sebanyak 932 kasus, dan daerah yang banyak melaporkan kasus KTP dan KTA adalah Kota Medan(88), Deli Serdang(74), Labuhan Batu Bara(37), Serdang Bedagai(37) dan Batu Bara(34) kasus.

Wilayah Sumatera Utara, dari data yang ada di lembaga layanan perempuan dan anak Mitra FK PUSPA Sumut dan data laporan SIMFONI KPPPA RI untuk wilayah. 

"Lembaga yang ada di mitra FK PUSPA Sumut sepanjang tahun 2019, sedikit nya telah menerima pengaduan dan memberikan pelayanan bantuan hukum, konseling dan bentuk pendampingan lainnya kepada 584 korban yang terdiri perempuan dan anak anak" katanya, kemarin.

Dengan masih banyak nya kekerasan yang terjadi baik terhadap perempuan dan anak saat ini Misran berharap DPR-RI di periode yang baru saat ini segera mengesahkan Rancangan Undang-undang tentang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) yang selama ini menjadi kontroversi agar menjadi UUD.

Dalam acara silaturahmi dan dialog ini juga di lakukan pemberian penghargaan kepada lembaga dan media yang telah berkotribusi dalam mendukung dan memajukan pemberdayaan perempuan dan anak bersama FK PUSPA Sumut.(JA)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini