Pemko Medan Gelar Rapat Koordinasi Keamanan & Ketertiban Umum Jelang Natal dan Tahun Baru 2020

Sebarkan:

Medan- Seluruh unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan komponen masyarakat diajak untuk meningkatkan sinergitas guna menciptakan rasa tentram, aman dan nyaman jelang Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Kota Medan. Dengan harapan agar warga khususnya umat Kristiani dapat merayakan hari besar keagamaannya dengan tenang dan penuh suka cita.

Ajakan tersebut disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi dalam Rapat Koordinasi Ketentraman dan Ketertiban Umum Terkait Cipta Kondisi Menyambut Natal, Tahun Baru dan Cegah Tangkal Aksi Terorisme Di Kota Medan Tahun 2019, di Medan International Convention Center (MICC), Jalan Gagak Hitam Medan, Selasa (10/12).

"Sesungguhnya rasa aman dan nyaman harus kita jaga dan ciptakan setiap saat dan setiap waktu. Namun, hal ini kita lakukan sebagai wujud kasih kepada saudara-saudara kita umat Kristiani yang akan merayakan Hari Natal dan Tahun Baru dengan penuh suka cita. Ini menjadi tanggung jawab semua pihak, untuk itu kerja keras sangat dibutuhkan," kata Plt Wali Kota.

Dihadiri Dandim 02/01 BS Kol Inf Roy Hansen Sinaga, Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) I Belawan Mayor Marinir Farick M Tr Opsla, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Medan Dwi Setyo Budi Utomo, Ketua DPRD Medan Hasyim SE, mewakili Danlanud Soewondo, Polda Sumut dan Polrestabes Medan, Plt Wali Kota selanjutnya optimis bahwa Kota Medan akan menjadi rumah yang nyaman bagi siapa saja dengan peran serta semua pihak.

"Saya berterima kasih kepada kita semua yang berkontribusi menjaga kekondusifan Kota Medan. Apalagi di tengah-tengah keberagaman etnis, suku dan agama yang ada, menjadi modal dasar dan kekuatan bagi kita untuk menjaga Kota Medan. Terlebih dengan rasa toleransi dan tenggang rasa yang kita bangun dan miliki bersama sehingga harmonisasi semakin tercipta dan terasa antar umat beragama," ungkapnya.

Selanjutnya, di hadapan para Kapolsek di wilayah Polrestabes Medan, Komandan Rayon Militer (Danramil), Bintara Pembina Desa (Banbinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Camat, Lurah serta Kepling se-Kota Medan, Plt Wali Kota mengungkapakan bahwa tantangan Kota Medan kedepan semakin kompleks dan dinamis. Untuk itu, dibutuhkan kesiapan dan kesigapan menjaga wilayah kerja masing-masing khususnya bagi para kepling.

"Kepada para kepling kami himbau untuk kembali menghidupkan sistem keamanan lingkungan (siskamling). Begitu juga dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas kami harap bimbing para kepling agar jadi kepling yang mandiri sehingga tanggap untuk menghadapi berbagai permasalahan di wilayahnya," pesannya seraya mengingatkan para kepling.

Menyikapi dan menangkal aksi terorisme, Plt Wali Kota berpesan agar seluruh kepling dan lurah untuk senantiasa berkoordinasi dengan Danramil, Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk mampu mengenali dan mendeteksi ancaman kerawanan yang mungkin terjadi. "Terorisme adalah musuh kita bersama. Tingkatkan kewaspadaan dan perhatikan lingkungan dengan saksama," tegasnya.

Terakhir, Plt Wali Kota juga tidak lupa kembali berpesan kepada seluruh jajaran pemerintahan khususnya camat, lurah dan kepling untuk mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dengan mewadahi sampahnya masing-masing. "Selain rasa aman dan nyaman, kebersihan dan keindahan Kota Medan juga menjadi tanggung jawab bersama. Jika Medan bersih maka Medan akan menjadi rumah yang nyaman bagi siapa saja," pungkasnya.

Rapat koordinasi yang digelar Pemko Medan melalui Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) ini diisi dengan sesi pemaparan materi terkait keamanan, ketertiban umum dan terorisme dari para narasumber diantaranya Dandim 02/01 BS, perwakilan Polda Sumut dan Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Sumut. Sebelum dimulai, Kabag Tapem Ridho Nasution terlebih dahulu menyampaikan laporan singkatnya terkait maksud dan tujuan acara. (rel) 
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini