Pelni Medan Datangkan 1 Unit KM Dolo Ronda Jelang Nataru

Sebarkan:

Medan- Mengantisipasi lonjakan penumpang pada Natal dan Tahun Baru 2020  PT Pelni Cabang Medan menambah satu unit kapal yakni KM Dolo Ronda  pendamping KM (Kapal Motor) Kelud yang  selama ini rutin membawa penumpang seminggu sekali dari Pelabuhan Belawan.

Kapal Motor  Dorolonda yang selama ini melayani rute ke kawasan Timor, maka untuk  jadwal berangkat dari Pelabuhan Belawan  hanya sekali  yakni Sabtu  siang tanggal 21 Desember 2019.

Kepala Cabang PT Pelni Medan  Lufti Israr Sutan  kepada wartawan di kantornya, Jalan Krakatau Medan mengatakan, permintaan tiket masih biasa-biasa  masih  sesuai kapasitas.Meskipun ada dispensasi tambahan seat (tempat ) dari Kantor Pusat namun ini belum bisa digunakan

"Jadwal  keberangkatan  KM Kelud dari Pelabuhan Belawan  selama ini setiap hari Selasa namun  berubah menjadi hari  Jumat 20 Desember 2019 tiba pagi di Belawan dan berangkat  hari itu juga .Kemudian tiba  Minggu  siang 22 Desember dan berangkat sore harinya. Seterusnya  Selasa 24 Desember tiba sore hari dan berangkat 25 Desember pagi pukul 10.00 WIB," katanya, Jumat (20/12/2019).

DIkatakannya, Khusus KM Doloronda, tiba 21 Desember pagi  dan berangkat  siang hari. “Jadi frekwensi keberangkatan jadi 3 kali yakni tanggal 20,22 dan 25 Desember

Dikatakannya Lufti, seat yang terbanyak dibeli penumpang yakni 80 % jurusan Batam, 20 % lagi Tanjung Balai Karimun,selebihnya ke Tanjun Priok. Sedangkan harga tiket ekonomi   Belawan-Batam sebesar Rp230.000 .

Saat “peak-seasion”, PT Pelni khusus melayani  rute Belawan-Batam, namun mulai 25 Desember dan 30 Desember  baru melayani  rute Tanjung Priok dengan menyinggahi Tanjung Balai Karimun, Kijang dan Batam,”ungkapnya sambil menyebutkan, selama perjalanan di kapal,para penumpang mendapat fasilitas makan, mandi,hiburan lainnya.

"Soal harga tiket yang  dijual, masih sesuai kapasitas 2138 seat ekonomi, namun  tiket kelas masih kosong, belum ada terjual. Meskipun ada persetujuan Kantor Pusat untuk dispensasi  penambahan seat akan tetapi   belum  bisa digunakan untuk penjualan  tiket ini," ujarnya.

Dia memperhitungkan arus mudik diperkirakan meningkat,karena banyak warga yang ingin pulang kampung menikmati Natal di Medan maupun daerah lainnya di Sumut.Diperkirakan arus balik juga bakal meningkat.Namun tiket yang dijual untuk keberangkatan tanggal 5 Januari-7 Januari  sudah terjual.
     
Lufti mengatakan, penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Belawan terbilang tertib. Yang penting jika dijelaskan hak-haknya semuanya berjalan normal. Di kapal mereka  teratur dan tertib. Bahkan Pelabuhan Pelni Belawan  yang tertib dan menjadi percontohan  dari semua pelabuhan yang ada di Indonesia,ujarnya.

"Pelni Cabang Medan pernah mendapat penghargaan dari Pusat,karena kinerjanya yang bagus,"pungkasnya. (JA)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini