Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Medan Segera Dicanangkan

Sebarkan:

Medan- Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan merupakan salah satu agenda kegiatan yang telah diprogramkan oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan Pemerintah Kota Medan sebagai wadah menyikapi dan menampung berbagai perubahan dan tingkat kebutuhan yang terus berkembang dalam gerakan PKK, terutama menyangkut program kegiatan yang menjadi bagian penting untuk mewujudkan aspek pemberdayaan dan aspek kemitraan dalam mendukung kinerja pemerintah khususnya Pemko Medan.

Demikian disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi ketika melakukan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Medan tahun 2019 di Gedung Serbaguna PKK Jalan Sei Rotan Medan, Kamis (5/12). Kegiatan yang digelar atas kerjasama TP PKK Kota Medan dengan Pemko Medan melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP&KB), Dinas Kesehatan  Kota Medan, serta Dinas Perlindungan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Medan.

Melalui pencanangan ini, Plt Wali Kota berharap dapat memberikan dampak positif serta memenuhi kebutuhan Index of Happiness masyarakat Kota Medan. Sebab, tugas Pemko Medan saat ini adalah memenuhi kebahagian masyarakat Kota Medan.

"Tujuan utama Pemko Medan saat ini merupakan mensejahteran seluruh masyarakat Kota Medan berdasarkan tingkat kebahagiaan yang dimiliki masyarakat Kota Medan. Mari bersama-sama kita gerakkan langkah kita untuk mencapai Index of Happiness," ungkap Akhyar.

Sebelumnya, Plt Ketua TP PKK Kota Medan Hj Nurul Khairani Akhyar menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang berkualitas dalam program kependudukan dan keluarga berencana serta kesehatan sebagai upaya mendukung Millenium Development Goals (MDG's).

"Artinya melalui pencanangan ini diharapkan menjadi acuan dalam menindaklanjuti berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan oleh PKK, Dinas PP&KB, Dinas Kesehatan Kota Medan, serta Dinas P3APM Kota Medan," jelas Nurul Khairani.

Sebelum pencanangan dilakukan, sejumlah perlombaan juga telah digelar seperti lomba pelaksana terbaik Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, pelaksana terbaik perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di rumah tangga, lingkungan bersih sehat (LBS), pelaksana terbaik posyandu yang dimulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota serta Genre Kid dan pemberian alat kesehatan untuk rumah sakit. Usai pecanangan, Plt Ketua TP PKKK pun memberikan hadiah kepada masing-masing pemenang.

Adapun pemenang pertama kategori Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan diraih Kelurahan Karang Berombak Kecamatan Medan Barat, juara 1 kategori PHBS diraih Kelurahan Mangga Kecamatan Medan Tuntungan, juara 1 kategori LBS diraih Kelurahan Hamdan Kecamatan Medan Maimun, dan juara 1 kategori pelaksana terbaik posyandu diraih Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan. Sedangkan kategori Genre Kid diberikan kepada SMP Al Ulum dan SMP Muhammadiyah 7 Medan, serta pemberian alat kesehatan kepada Rumah Sakit Hermina dan Rumah Sakit Karya Jaya.

Turut hadir dalam acara ini Asisten Pemerintahan dan Sosial Setdako Medan Musaddad Nasution, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP&KB) Usma Polita Nasution, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Efendi, mewakili Ketua Bhayangkari Cabang Polrestabes Medan Sri Azwar, mewakili Ketua Persit Chandra Kirana Cabang 11 Dim 0201/VS Nirmawan, Ketua Dharmawanita dr Ismiralda Siregar, dan mewakili pimpinan Bank BJB cabang Kota Medan Sayed Muhammad Hanif. (JA)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini