BPBD Dairi Temukan Sembilan Singkhole di Kecamatan Tanah Pinem

Sebarkan:

Dairi- Sembilan singkhole kembali ditemukan di Dusun Kutanangka, Desa Kempawa, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi, Sumut. Bahkan, ada singkhole yang sudah berusia 40 tahun.

Kepala BPBD Dairi Bahagia Ginting mengatakan, itu merupakan hasil temuan berdasarkan penelitian yang dilakukan Tim Peneliti dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)-Badan Geologi Kementerian ESDM RI.

Sembilan lubang lainnya itu, kata Bahagia, tersebar di beberapa tempat. Diantaranya di daerah ladang warga dan tempat lainnya. 

"Tersebar di daerah perladangan dan itu ternyata bukan baru dua atau tiga tahun ini. Kalau menurut penelitian mereka, ada yang sudah 40 tahun umur lobang itu. Di bawah itu ada saluran sungai," jelas Bahagia Ginting, Kamis (5/12/2019).

Tim peneliti yang hadir, terdiri dari dua tim. Mereka melakukan penelitian secara bergantian. 

"Penelitian dilakukan oleh dua tim selama tujuh hari. Selanjutnya,  mereka dalam waktu dekat akan memberikan rekomendasinya. Apa yang akan kita lakukan," ujarnya.

"Saat ini mereka akan petakan, akan telaah dulu hasil penelitian itu," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakannya, ada masyarakat yang pindah dari daerah tersebut. Mereka yang pindah adalah warga yang terdampak runtuhnya tanah beberapa waktu lalu.(rel)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini