7 Kasiat Bandrek yang Harus Anda Ketahui

Sebarkan:

Medan- Bandrek ini merupakan jenis minuman tradisional orang Sunda dari Jawa Barat yang biasanya dikonsumsi supaya suhu tubuh menjadi hangat. Jadi umumnya Bandrek ini dihidangkan pada saat cuaca dingin.

Untuk bahan utama dari Bandrek adalah jahe dan gula merah. Namun pada daerah tertentu ada juga yang ditambah dengan rempah-rempah supaya lebih memberikan efek hangat lagi, seperti merica, serai, pandan, telur ayam kampung, dan lain sebagainya. Selain itu, susu juga bisa ditambahkan pada minuman bandrek ini. Tengantung dari selera Anda.

Banyak yang percaya bahwa bandrek ini memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Di Bandung sendiri, umumnya para penjual bandrek menambahkan sejumput kerukan kelapa pada bandrek ini untuk menambah kelezatan dari bandrek jualannya.

7 Khasiat Bandrek untuk Kesehatan

Dibalik rasanya yang nikmat, ternyata tersimpan banyak sekalai khasiat di dalamnya. Hal ini tidak mengherankan sebab bandrek ini dibuat dengan campuran berbagai jenis rempah-rempah.

Jadi selaian bisa menghangatkan tubuh Anda, banyak khasiat lain yang terkandung pada minuman khas Sunda ini. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Melawan Penyakit Kanker
Banyak yang psimis jika kandungan cengkeh pada bandrek tidak mampu melawan penyakit kanker. Padahal berdasarkan penelitian lebih lanjut menunjukkan jika cengkeh pada bandrek ini memiliki kemampuan untuk mencegah kanker, terutama pada saluran pencernaan, kulit, dan paru-paru.

2. Obat Sakit Gigi
Lagi-lagi, kandungan minyak cengkeh yang ada pada banderik ternyata juga memiliki manfaat untuk obat sakit gigi. Bahkan kandungan minyak cengkeh ini juga bermanfaat sebagai analgastik atau yang dikenal juga dengan obat penahan rasa sakit.

3. Menurunkan Tekanan Darah
Alasannya adalah di dalam bandrek ini juga terdapat kandungan jahe. Kandungan jahe ini bisa bekerja sebagai pelebur pembuluh darah serta perangsang pelepasan hormon adrenalin.

Dengan demikian, darah yang ada di dalam tubuh Anda bisa mengalir dengan lebih baik lagi dan juga dapat meringankan tugas dari jantung pada saat memompa darah.

4. Mencegah Radang (Inflamasi)
Ternyata kandungan Flavanoid yang terdapat pada cengkeh, bermanfaat sebagai pencegah inflamasi. Maka dari itu bandrek ini sangat baik dikonsumsi bagi para penderita rematik. Dan cengkeh ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ekspektoran guna mengatasi berbagai permasalahan pada saluran pernapasan.

5. Mengatasi Masuk Angin
Sebenarnya masuk angin ini bukan salah satu nama dari penyakit. Masuk angin ini terjadi manakala kondisi tubuh sedang merasakan kelelahan yang berlebih. Maka dari itu, dengan sifat kehangatan yang bisa diberikan oleh bandrek ini, tentunya bisa dengan mudah mengobati masuk angin ini.

6. Mencegah Perut Kembung
Perut kembung ini merupakan kondisi dimana perut tidak bisa mengeluarkan gas beracun dari belakang. Dan ternyata bandrek ini merupakan obat alami untuk mengatasi perut kembung.

7. Mematikan Patogen Asing
Di dalam bandrek ini juga terkandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa membuat tubuh terlindungi dari beberapa serangan penyakit. Pada saat sistem imun yang ada di dalam tubuh Anda melemah, maka secara otomatis tubuh akan ikut melemah juga.

Kondisi seperti ini membuat penyakit mudah merasuki tubuh Anda. Dan ternyata dengan rutin mengkonsumsi bandrek ini bisa menyikat habis patogen dan radikal bebas yang ingin mencoba masuk ke dalam tubuh.(dikutip dari apasihweb.id)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini